Monday, December 8, 2014

Tips memilih Tempat Penitipan Anak yang Baik part I

Tri Lestari Utami
Facebook : Tri Lestari Utami





Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal (Pasal 28 ayat 2). Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.  Biasanya tempt penitipan ank menjadi pilihan bagi mereka yang wanita karier, tapi tidak memiliki baby sister. Mereka lebih meilih menitipkan anak mereka di Tempat Penitipan Anak, biasanya mereka mengambil atau memilih tempat Penitipan Tidak jauh dari tempat bekerja. Sekarang banyak sekali Tempat Penitipan Anak apalagi di kota-kota besar. Dengan banyaknya tempat penitipan anak yang semaik banyak kitaa juga harus selektif dalam memilihnya. Apalagi sekarang banyak kasus penganiayaan, bahkan pembunuhan atau penculikan anak yang dilakukan oleh pengasuh sendiri.  Untuk itu sebagai orang tua khususunya ibu harus ekstra selektif dalam memilih Tempat Penitipan Anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih Tempat Penitipan Anak :
1.     Membuat daftar Tempat Penitipan anak
Sebelum kita memilih tempat penitipan anak alangkah baiknya jika kita membuat atau memiliki daftar Tempat Penitipan Anak yang ada di kota anda dengan kita memiliki daftar, kita bisa memilah mana tempat yang cocok untuk anak anda. Kita bisa mencarinya di google atau dengan mencari tahu dari teman anda.
2.     Pastikan tempat Tempat Penitipan Anak memiliki izin yang resmi
Pastikan TPA yang anda pilih memilki izin resmi dari pemerintah daerah setempat. Dengan TPA memilki izin resmi anda akan merasa lebih aman untuk menitipkan anka anda.
3.     Mengetahui nama pemilik Tempat Penitipan Anak
Tanyakan sispa nama pemilik tempat penitipan anka atau yang bertanggung jawab atas tempat tersebut. Hal itu dilakukan agar jika terjadi apa-apa dengan anak anda ada sesorang yang bertanggungjawab. Anda juga harus meminta biodata pemilik atau pun biodata yang bertanggung jawab atas tempat tersebut.
Tips selanjutnya akan dibahas di next artikel .. tetap ikuti artikel kami yak :)

No comments:

Post a Comment