Tuesday, December 30, 2014

Manajemen Pendidikan

Yossika Vidya

      Sebuah lembaga pendidikan pastinya memiliki suatu manajemen atau pengaturan didalamnya. Manajemen pendidikan ini sangt penting untuk pelaksanaan pendidikan disekolah. Pengertian dari managemen pendidikan itu sendiri adalah sutau kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha sekelompok orang yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan agar berjalan efektif dan efisien. Manajemen pendidikan atau menejemen sekolah  juga sering disebut dengan administrasi disekolah. Sedangkan administrasi pendidikan itu sendiri adalah keseluruhan proses kerjasama yang memanfaatkan semua sumber personel dan materi yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan.

       Tujuan dari adanya manajemen pendidikan ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan operasional pendidikan, sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan utama mempelajari manajemen sekolah atau manajemen pendidikan adalah untuk memperoleh cara, teknik, metode yang digunakan sebaik baiknya sehingga dapat memanfaatkan sumber sumber yang ada secara efektif dan efisien. Sedangkan fungsi manajemen pendidikan menurut G.R Terry ada 4 yaitu :
1.    Planning / perencanaan.
2.    Organizing / pengorganisasian
3.    Actuating / pelaksanaan
4.    Controling / pengawasan
Dalam pelaksanaan manajemen pendidikan juga didasari oleh beberapa prinsip, diantaranya :
1.    Pembagian kerja
2.    Pemberian wewenang dan tanggungjawab
3.    Memiliki disiplin
4.    Adanya kestuan komando atau perintah
5.    Adanya kesatuan arahan
6.    Mengutamakan kepentingan bersama
7.    Adanya pemberian kesejahteraan
8.    Adanya pemusatan wewenang
9.    Adanya keadilan dan kejujuran

       Manajemen pendidikan memiliki ruang lingkup yang lebih luas jika dibandingkan dengan manajemen sekolah. Manajemen pendidikan tidak hanya menyangkut penataan pendidikan formal tetapi juga pendidikan luar sekolah atau pendidikan informal dan lembaga pendidikan lain yang berkembang dimasyarakat.

No comments:

Post a Comment