Monday, December 8, 2014

Sejarah Kursus

Nani Maryani

Apakah kalian tahu sejarah adanya pendidikan nonformal yang berupa kursus? Sepertinya tidak etis jika kita membahas banyak materi mengenai kursus, namun tidak mengetahui sejarah kursus itu sendiri, mari kita simak bersama-sama sejarahnya. Siapa sangka, ternyata kursus sudah ada sejak bulan April tahun 1976, yaitu sejak serah terima fungsi pembinaan kursus-kursus kejuruan/keterampilan sebagai program pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan masyarakat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Olahraga (PLSOR) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Satu sahun berikutnya, pada tanggal tanggal 24 Mei 1977, ditetapkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kepmendikbud) Republik Indonesia Nomor 0151/U/1977 tentang Pokok-pokok Pelaksanaan Pembinaan Program Pendidikan Luar Sekolah yang diselenggarakan Masyarakat. Dari situlah akhirnya lembaga kursus dikenal sebagai Pendidikan Luar Sekolah yang diselenggarakan Masyarakat (PLSM atau Diklusemas). Selanjutnya pada tahun 1981 ditetapkan tiga buah Keputusan Mendikbud yang mengatur tentang kursus PLSM, yaitu; Nomor 0150a/U/1981 tanggal 25 April 1981 tentang Peraturan Umum Penyelenggaraan Kursus PLSM; Nomor 01506,U/ 1981 tanggal 26 April 1981 tentang Peraturan Umum Pelaksanaan Pembinaan Kursus dan Program PLSM, dan Nomor 0153/U/1981 tanggal 29 April 1981 tentang Peraturan Umum Perizinan dan Pengawasan Penyelenggaraan Kursus PLSM.

Adanya lembaga-lembaga kursus di Indonesia sekarang ini tidak lepas dari sejarah terbentuknya kursus tersebut. Untuk saat ini, saya rasa kita tidak perlu mencari dengan susah lembaga kursus yang kita inginkan. Karena selain banyak jenis yang ditawarkan, juga tempatnya tersedia dimana-mana. Banyak orang-orang yang memanfaatkan peluang usaha untuk membuka lembaga kursus sesuai dengan potensi yang ingin dikembangkan dalam suatu daerah tertentu. Kursus tidak kalah hebatnya juga dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Karena tujuan utama sebuah kursus adalah lebih menekankan pada kemampuan skill. Sehingga ketika kita sudah lulus dari suatu lembaga kursus, diharapkan dapat bersaing dengan masyarakat luar. Mungkin itu saja pembahasan kita di artikel kali ini, semoga sedikit pengetahuan mengenai sejarah kursus tersebut dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua. 

No comments:

Post a Comment