Tuesday, December 30, 2014

Banyak Guru yang Salah dalam Strategi Mengajar. Apa yang Harus di Lakukan?

Nining Rihana

          Strategi merupakan gambaran khusus akan prilaku dan tanggapan akan suatu hal yang dilakukan. Hal ini tentu memiliki gambaran akan strategi yang diberikan guru saat mengajar para muridnya. Banyak kejanggalan-kejanggalan yang kita ketahui dalam pengajaran yang mungkin keras, atau kurang baik, membosankan, tidak menggembirakan dan lain-lain. Kita tidak menyalahkan para guru dalam pengajaran mereka, mungkin kita dapat memperbaiki strategi pengajaran agar murid tidak merasa jenuh dan bosan dengan pengajaran yang di berikan. Dalam hal mengajar dan di ajar tentu memiliki hal pandang yang berbeda, dimana banyak yang setuju menggunakan strategi masing-masing untuk mengajar ada juga yang memiliki strategi yang berbeda untuk menyiptakan ruang kelas yang berbeda pula.
   
          Sekarang yang kita bahas, bagaimana menjadikan setrategi mengajar kita menjadi menarik dan yang paling di tunggu-tunggu oleh murid-murid kita? Strategi yang baik yang harus sesuai dengan penguasaan anak didik serta kecakapan akan pablik spiking itu yang menjadi tolak ukur dalam pengajaran. Dimana terkadang guru kurang memiliki pablik spiking yang baik sehingga kelas yang di ajar mereka kurang menyukai dan terkesan bosan dengan apa yang disampaikan. Selain penguasaan kelas tentu ada selingan saat pembelajaran, seperti ada hal yang lucu yang mereka bahas sehingga kelas ramai akan percakapan. Terkadang murid lebih menyukai bila mana guru bercerita akan pengalaman mereka, sehingga murid terinspirasi untuk dapat meniru atau memiliki sikap yang baik dan membangun dari motivasi yang guru mereka buat. Ini yang dapat menjadikan murid tidak terlalu suntuk akan pembelajaran di dalam kelas.

       Untuk memperbaiki strategi bagi pendidik, pendidik harus memiliki pandangan jangka panjang. Kenapa bisa demikian? Untuk mengajarkan seorang murid harusnya guru dapat membuat murid tersebut tidak terpaku oleh buku saja tetapi harus dapat menjadi pengacu penganalisisan dan murid dapat mencari pengetahuan yang lain dari berbagai literature. Sehingga murid memiliki kemampuan yang baik dalam penguasaan pembelajaran mereka. Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment