Saturday, December 27, 2014

Menghilangkan Kebiasaan Menunda

Ahmad Ghilman

               Di antara banyak kelakuan buruk manusia, salah satu yang paling sering dialami dan susah dihilangkan adalah kebiasaan menunda. Kebiasaan ini sering disebut para psikolog sebagai gejala prokrastinasi. Yaitu kebiasaan seseorang suka menunda mengerjakan suatu pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan saat ini.
               Memang banyak yang menganggap sepele kebiasaan satu ini. Kebiasaan ini jika dibiarkan mengendap terus menerus, akan menjadi bom waktu yang sangat susah ditanggulangi. Contohnya seorang mahasiswa yang menunda-nunda tugasnya untuk dikerjakan. Merasa masih punya waktu banyak, ia memilih mengerjakan tugasnya di akhir waktu. Lalu terjadilah apa yang dikhawatirkan. Tugasnya digarap asal-asalan karena waktu yang tinggal sedikit. Nilai yang didapat pun jeblok.
Itu barus kasus mahasiswa. Yang lebih parah jika seseorang masih menunda untuk bekerja demi mandiri finansial. Merasa masih punya orangtua yang bisa memberinya uang, ia pun malas-malasan belajar. Ia juga menunda bekerja dan lebih memilih bermain-main. Hingga tidak sadar usia sudah kepala 3 namun ia belum punya penghasilan apa-apa.
               Beberapa contoh tadi menggambarkan betapa berbahayanya sifat suka menunda. Sangat disayangkan seseorang yang maish memiliki sifat itu. Ia menghabiskan banyak waktu dengan sia-sia. Padahal waktu adalah rezeki paling berharga. Waktu tidak akan bisa kembali lagi dan terus melaju tanpa memedulikan kita. Pepatah barat mengatakan waktu adalah uang. Waktu adalah hal yang tidak ternilai harganya. Jika seseorang masih menghabiskan waktu dengan hal yang sia-sia, ia berarti sudah membuang banyak kesempatan terbaik dalam hidupnya.
               Kebiasaan menunda memang sulit untuk dihilangkan. Butuh niat yang kuat dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk bisa menghilangkan kebiasaan buruk ini. Seseorang yang biasa menunda, akan merasa berat untuk tidak menunda. Pikiran bawah sadarnya selama ini terus mendorongnya mengabaikan waktu yang dimiliki dan mengerjakan tugas ketika mendekati deadline. Maka butuh perjuangan yang cukup berat menghilangkan kebiasaan ini.
Berikut ini beberapa kiat untuk menghilangkan kebiasaan menunda
1.       Niat. Ya, niat yang kuat dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas dengan cepat dan tepat waktu. Niatkan dalam hati bahwa kamu adalah orang yang selalu mengerjakan sesuatu dengan sesegera mungkin, tidak akan menunda apapun itu alasannya.
2.       Buatlah skala prioritas. Buatlah daftar pekerjaan secara berurutan mana yang paling penting dan harus segera dikerjakan, sampai hal yang tidak penting dan bisa dikerjakan lain waktu. Dengan begitu kita akan lebih efektif dan efisien dalam menggunakan waktu.
3.       Komitmen. Komitmen dengan skala prioritas yang kita buat. Jangan sampai kita melanggar perjanjian yang telah kita buat sendiri. Memang berat, namun percayalah jika kita terus berusaha pasti akan terasa mudah.

Itu tadi beberapa kiat untuk menghilangkan kebiasaan menunda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment