Saturday, December 6, 2014

Kekerasan Dalam Pendidikan

@ilhamxfarid

            Kekerasan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok ke individu atau ke kelompok yang lain dengan cara mengintimidasi baik secara fisik maupun psikis. Kekerasan dapat berakibat terhadap pengaruh psikologis dengan berubahnya perilaku seseorang baik ke arah positif maupun negative. Kekerasan biasanya dilakukan karena ada suatu hal yang salah yang dilakukan oleh korban yang dapat memicu pelaku untuk melakukan tindak kekerasan tersebut.
            Saat ini peraturan mengenai tindak kekerasan yang dilakukan oleh guru ke muridnya telah jelas ada. Tetapi pada zaman kakek atau bapak kita dulu sekolah yang namanya penghapus terbang melayang dengan manja menuju muka atau penggaris kayu dengan imutnya menggetok jari kita yang dilakukan oleh gurunya adalah suatu hal yang biasa. Semua yang dilakukan oleh guru tersebut pasti ada penyebabnya. Tak mungkin tanpa sebab tiba-tiba guru menampar muridnya. Biasanya semua itu terjadi karena ada suatu kesalahan yang dilakukan oleh muridnya, dan konsekuensi atau hukuman dari itu penghapus dan penggaris tadi. Pada saat itu mungkin peraturan mengenai kekerasan yang dilakukan guru ke murid telah ada tetapi tidak seketat zaman sekarang.
            Zaman sekarang boro-boro penghapus nyasar ke muka, murid dijewer oleh guru saja langsung dilaporkan ke Komnas Perlindungan Anak. Memang tidak salah karena itu melanggar Hak Asasi si Anak. Akan tetapi  hasil dari pendidikan yang menjurus kekekerasan pada zaman dahulu cenderung memiliki lulusan-lulusan yang bermental baja, pantang menyerah, pekerja keras dan lainnya. Karena sejak kecil telah dididik dengan keras.
            Jadi apakah saat ini perlu menerapkan sitem pendidikan yang seperti itu ? karena kita ketahui lulusan-lulusan zaman sekarang walaupun teknologi dan era globalisasi semakin maju tetapi masih saja ketinggalan dengan lulusan-lulusan negara lain. Contohnya saja negara Malaysia yang dulu berguru tentang pendidikan pada negara kita tetapi sekarang Malaysia telah berhasil melampui kita dalam bidang pendidikan. Walau tidak dipungkiri juga sistem sosialisasi atau peradaban telah berubah. Jadi ada sebagian peraturan-peraturan yang harus diperbaharui untuk menyesuaikan dengan zamannya.

No comments:

Post a Comment