Monday, December 15, 2014

MAN vs SMA

Laela Insyafani

             MAN dan SMA, keduanya merupakan jenjang yang sama. Namun kalau masalah pelajaran pasti ada yang membedakan. Di MAN ada pelajaran-pelajaran yang tidak di pelajari di SMA, seperti Al-Qur’an Hadist, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah Akhlak dan laiinya, pelajaran tersebut di kaji secara spesifik atau secara jelas. Namun di SMA pelajaran tersebut masuk dalam pelajaran agama islam, di SMA pelajaran tersebut tetap di pelajari tetapi tidak sespesifik di MAN. Banyak orang mengatakan jika kita sekolah di MAN kita mempelajari antara ilmu umum dan ilmu akhirat, diantara keduanya berjalan seimbang. Namun jika di SMA hanya mempelajarai ilmu umum atau ilmu dunia saja. Banyak orang mengenal bahwa di Man atau MA yang lebih di tonjolkan yaitu ilmu agamanya.

           Terus masalah perbedaan untuk ujian akhir di MAN dan SMA. Di SMA yaitu UAS dan UAN. Tapi jika di MAN ditambah satu lagi yaitu UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandart Nasional). Dalam ujian UAMBN yang di ujikan yaitu mata pelajaran seperti yang saya sebutkan tadi yaitu SKI, Al-Qur’an Hadist, Akidah Akhlak dan lainnya. Jadi tidak heran jika banyak alumni MAN atau MA yang lebih mengetahui masalah Agama di bandingkan dengan anak alumni SMA.
Kemudian untuk masalah fasilitas, antara keduanya saya rasa seimbang, tergantung pada sekolah masing-masing. Saya rasa hampir semua sekolah entah itu MAN atau SMA masing-masing mempunyai lab yang sama yaitu seperti lab computer, lab fisika/kimia/biologi, lab bahasa dan lainnya, namun di sekolah saya dulu di MAN ada lab tata busana atau lab menjahit.

          Lalu kemudian ada satu lagi yang membedakan yaitu masalah seragam. Banyak sekali saat ini di MAN dan SMA seragamnya hampir sama. Namun kebanyakan yang saya ketahui, jika di MAN, masalah seragam pasti di tentukan yaitu panjang, tidak boleh ngetat (pas badan) harus longgar, dan pastinya harus memakai jilbab. Beda dengan SMA, di SMA saya kira tergantung dengan kebijakan sekolahnya, yaitu antara diwajibkan dan tidak. Tapi sepengetahuan saya jika masalah seragam di SMA saya rasa bebas, tergantung selera siswanya. Ada yang bajunya panjang rok panjang dan pake jilbab, ada juga yang baju pendek rok panjang, lalu ada juga baju dan rok sama-sama pendek. Kalau dilihat masalah kerapian saya rasa lebih rapi anak MAN, karena pakaian yang mereka kenakan sama, yaitu sama modelnya dan sama panjang serta memakai jilbab. Jadi mereka lebih menjaga auratnya. Beda dengan SMA, karena di SMA model-model seragamnya sudah berbeda-beda.


No comments:

Post a Comment