Wednesday, December 31, 2014

Kaitan Pendidikan Non Formal Dengan Pendidikan Informal

Nani Maryani

Menurut Undang-undang Sisdiknas tahun 2003 pasal 1 ayat 12, pendidikan non formal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Jadi, pendidikan non formal dapat pula disebut Pendidikan Luar Sekolah (PLS) karena dilaksanakan diluar pendidikan formal yang diwajibkan oleh pemerintah. Pendidikan nonformal sama pentingnya dengan pendidikan formal pada umumnya, karena memberikan banyak pengetauan dan keterampilan sesuai dengan yang kita inginkan,
Pendidikan terlahir seiring dengan terciptanya manusia dimuka bumi ini. Tanpa disadari, dalam kahidupan sehari-hari pun kita telah melaksanakan yang namanya pendidikan, pendidikan tersebut disebut pendidikan informal, yaitu pendidikan yang yang bersumber dari keluarga dan lingkungan. Pendidikan ini tidak memiliki jenjang dan kurikulum seperti yang terdapat dalam pendidikan formal dan informal. Pendidikan informal juga tidak terdapat UN apalagi ijazah. Imbalan dalam pendidikan ini lebih kepada sikap masyarakat terhadap kita, karena dalam pendidikan informal, sikap adalah hal yang paling utama Nampak kita peroleh. Keluarga dan lingkungan yang kita tempati akan sangat mempengaruhi kepribadian kita.
Pendidikan Luar Sekolah dipengaruhi oleh pendidikan informal, dimana terdapat pertukaran atau penyaluran pengetahuan dan keterampilan sikap, nilai dan kebiasaan didalamnya.  Itulah yang kemudian menjadi cikal bakal tumbuhnya perbuatan mendidik hingga saat ini. Kelompok-kelompok keluarga dalam pendidikan informal, kemudian menggabungkan diri dengan masyarakat sekitar untuk saling belajar dan berbagi ilmu, seperti misalnya bercocok tanam pada masyarakat pedesaan. Kelompok-kelompok ini dapat disebut pendidikan tradisional. Dari pendidikan inilah kemudian tumbuh adanya pendidikan luar sekolah atau pendidikan nonformal seperti yang kita ketahui pada saat ini.
Pendidikan nonformal semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Banyak hal yang sudah dibenahi untuk memperbaiki mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Ilmu dan keterampilan yang ditawarkanpun semakin beragam karena selalu mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan pasar yang harus diciptakan. Seperti misalnya kursus. Saat ini,banyak sekali layanan yang ditawarkan oleh banyak lembaga kursus. Entah untuk memenuhi lapangan pekerjaan ataupun untuk mendukung pendidikan formal yang mereka jalani. Jadi, tidak alasan bagi kita untuk tidak menuntut ilmu.


No comments:

Post a Comment