Monday, December 15, 2014

Sekolah Sehat

                                                                      Sekolah Sehat
                                                            Oleh : Suerlin Diah Utami

                 Kali ini saya akan membahas tentang sekolah sehat. Tentunya orang tua ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang layak. Tak jarang banyak orang tua ikut memilih sekolah untuk anaknya. Dalam memilih dan memilah sekolah tentunya tak semudah membalikan telapak tangan. Sekolah yang menjadi dambaan orang tua tentunya sekolah yang memiliki kualitas yang baik, mulai dari fasilitas yang baik, akademik dan non akademik yang baik, dan lingkungan yang baik. Ngomong-ngomong lingkungan yang baik, saya akan berbagi info tentang lingkungan yang baik. Lingkungan yang baik tentunya lingkungan yang sehat pula.

                 Sekolah yang sehat adalah sekolah yang bersih, hijau, indah, rindang dan peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Sekolah seperti inilah yang menjadi dambaan para siswa. Lingkungan yang bersih menjadikan kita nyaman dan lebih fokus dalam mengikuti pelajaran. Lingkungan yang hijau akan membuat sekolah menjadi terasa sejuk dan tidak panas. Lingkungan yang indah akan membuat siswa betah di sekolah karena keadaan sekolah yang bagus, tertata rapi dan enak untuk dipandang. Adapun 10 indikator sekolah sehat antara lain :

1.    Kepadatan ruang kelas minimal 1,75 m2/anak. Demi kenyamanan anak dan memberi ruang gerak yang cukup baik bagi anak .
2.    Tingkat kebisingan di lingkungan sekolah maksimal 45 desibel.  Kebisingan di atas 45 desibel akan mengganggu konsentrasi belajar.
3.    Memiliki lapangan atau aula untuk olahraga.
4.    Memiliki lapangan sekolah yang bersih, rindang, nyaman.
5.    Memiliki sumber air bersih yang memadai.
6.    Ventilasi kelas yang memadai. Ventilasi yang baik adalah ventilasi yang dirancang sedemikian rupa untuk keluar masuknya udara dengan kapasitas yang dibutuhkan.
7.    Pencahayaan kelas yang memadai (harus cukup terang). Dengan dipasangnya jendela benbentuk kaca maka akan membuat kelas menjadi terang tanpa harus menggunkana lampu.
8.    Memiliki kantin sekolah yang memenuhi syarat kesehatan.
9.    Memiliki toilet dan kamar mandi dengan rasio 1:40 untuk siswa laki-laki dan 1:25 untuk siswa perempuan.
10.    Menerapkan kawasan tanpa rokok, tanpa narkoba di lingkungan sekolah. Sekolah dengan adanya peringatan seperti itu akan efektif jika dibarengi dengan adanya sosialisasi.
11. indikator tersebut akan lebih baik jika dibarengi dengan tersedianya UKS dan program UKS yang melaksanakan Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanna kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat. Dengan begitu sekolah seperti ini akan banyak diminati oleh calon-calon penerus bangsa. Sekian artikel yang dapat saya share. Terimakasih sudah mampir

No comments:

Post a Comment