Tuesday, December 30, 2014

Peran Pendidik bagi Murid Tercinta

Nining Rihana
 
I LOVE YOU. Ini bukan hanya ucapan sayang bagi pasangan kita saja lo, kata LOVE juga dapat di artikan bagi peserta didik kita. Dimana, guru harus dapat memahami dan menyayangi murid-murid dengan segenap hati. Kenapa bisa demikian? Dikarnakan peran guru sangatlah penting bagi murid dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Guru atau pendidik harus dapat menjadi contoh yang baik serta memberikan pandangan yang baik pula bagi murid-murid mereka. Sehingga murid dapat memperaktekan pembelajaran yang mereka pelajari di dalam kelas untuk lingkungan masyarakat. Tidak heran dikalangan pendidik Indonesia khususnya Negara kita tercinta ini, belum dapat membentuk karakteristik bagi peserta didik zaman sekarang. Padahal peserta didik zaman sekarang harus extra diawasi dan dibimbing agar tidak memiliki karakteristik yang kurang baik dikalangan pelajar serta masyarakat pada umumnya.
    Karakter merupakan sikap seseorang yang tercermin dalam tingkah laku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dengan peran seorang guru kepada peserta didik yang pada kenyataanya memiliki peran yang sangat penting, tentu saja guru harus dapat menanamkan karakteristik bagi peserta didik yang mereka ajar. Contohnya saja sekolah yang berada di daerah Nalumsari Jepara dengan nama Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Di sekolah ini, merupakan bentuk bagi siswa sebagai pendidikan karakteristik yang bagus dan unik. Dimana sekolah ini membentuk karakter-karakter peserta didik dengan agama, aturan, serta kecerdasan. Sehingga siswa dapat trampil bagus, baik dan menarik dikalangan siswa pada umumnya. Dalam pembelajaran karakteristik yang sudah diberikan pada peserta didik oleh guru dan pendidik lainya, ini dapat menjadi gambaran seperti apa peran pendidik bagi para murid pada khususnya.
    Pendidik memiliki kewajiban untuk mendidik, memberikan pengetahuan, menjadi jembatan tali akan kemampuan siswa, menjadi tempat tauladan bagi siswa, menjadi bentuk karaketer bagi siswa, serta menjadi motivasi bagi siswa. Dengan adanya motivasi serta dibarengi dengan kecerdasan dan karakteristik tentu siswa akan menjadi tauladan yang baik bagi masyarakat baik di daerahnya ataupun bagi masyarakat luas.
    Inilah peran pendidik bagi para siswa. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi panutan bagi pendidik supaya memberikan bentuk karakter yang baik bagi siswa yang dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

No comments:

Post a Comment