Tuesday, December 30, 2014

Kuliah

Laela Insyafani

        KULIAH. Kuliah termasuk pendidikan formal. Namun jika disamakan dengan sekolah seperti SMA, SMP sangat berbeda. Contohnya di SMA, kegiatan belajar mengajar biasanya di mulai dari jam 07.00 pagi sampai jam 14.00. tetapi jika kuliah bisa juga sampai seharian full, atau malah setengah hari bahkan bisa saja dalam sehari tidak ada kuliah, tergantung dari dosen yang mengampu mata kuliah. Di dalam perkuliahan tidak ada kata seragam, karena mahasiswa bebas memakai baju apa saja asalkan sopan, rapi.

         Dalam konteks pembelajaran antara SMA dengan kuliah sangatlah berbeda. Di SMA siswa belajar masih bergantung pada guru. Dimana guru menjadi pusat perhatian untuk menyampaikan materi. Tetapi di kuliah, dosen hanya memberikan materi secukupnya dan selebihnya mahasiswa di suruh mencari materi sendiri, entah itu dari perpustakaan, teman, internet dan lainnya. Tujuan kuliah adalah untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

          Kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut. Karena di dalam kuliah mahasiswa harus menentukan jurusan. Dalam memilih jurusan mahasiswa harus mempertimbangkan dengan matang sesuai dengan minat dan bakatnya supaya tidak salah mengambil jurusan. Kuliah merupakan suatu proses. Dimana proses membentuk diri kita menjadi apa yang kita inginkan di masa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment