Tuesday, December 30, 2014

Sekolah Alam Sebagai Pendukung Sekolah Formal? Benarkah?

Ferlina Khoirun Nisa

             Hellooooo gaeeeees.. yap! Tidak bosan-bosannya saya menyapa kalian dalam setiap artikel saya. Dan juga masih dalam tema yang sama yaitu tentang sekolah nonformal. Kali ini saya akan menyampaikan coretan-coretan tentang gosip yang beredar mengenai sekolah alam.
          Dalam masanya, sekolah formal dianggap sebagai sekolah utama dalam menuntut ilmu. Bahkan sampai saat ini sekolah formal masih menjadi acuan utama dalam pendidikan berkelanjutan. Masyarakat memang belum sadar sepenuhnya bahwa ada jalus sekolah lain seperti sekolah non formal yaitu sekolah alam. Yang memberikan pelayanan yang berbeda dari sekolah formal biasanya. Masayarakat masih mengacu sepenuhnya dalam sekolah formal. Hal ini memang patut dimaklmumi karena dalam penempatannya sekolah formal lebih mudah masuk ke berbagai jenjang sekolah selanjutnya. Karena adanya rapor dan NEM, para orang tua lebih memilih sekolah formal di banding sekolah alam.
              Dalam berjalannya waktu, sekolah alam lebih maju sedikit demi sedikit. Para orang tua sudah banyak yang lebih memilih menyekolahkan anaknya sekolah alam daripada sekolah formal. Memang tidak semua orang tua jalan pikirannya sama. Mereka hanya mengharapkan yang terbaik bagi pendidikan anaknya.
               Menurut saya sekolah alam mampu berdiri sesuai dengan berljalannya waktu. Dibuktikan dari perkembangan jumlah sekolah alam yang tersebar di Indonesia yang semakin meningkat. Dalm hal ini berarti sekolah alam mulai di akui oleh masyarakat bahwa sekolah non formal seperti sekolah alam juga bisa menghantarkan anaknya menuju sukses yang sebenarnya. Tidak melulu sekolah formal yang dianggap paling penting dalam dunia pendidikan. Antara sekolah formal dan sekolah non formal dalam materi pelajarannya juga tidak jauh beda, perbedaannya hanya dalam model pembelajarannya saja. Sekolah alam juga memberikan tanda tamat sekolah berupa rapot pada siswanya. Jadi tidak perlu khawatir bahwa jika anak itu sekolah di sekolah alam lalu tidak bisa melajutkan sekolah ke jenjang berikutnya. Hal ini lah yang perlu disadari oleh masyarakat luas bahwa lulusan sekolah alam masih bisa melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya

               Jadi sekolah alam bukanlah sekolah pendukung dari sekolal formal, karena sekolah alam mampu beridir sendiri dan mampu meluluskan siswa yang berkualitas. Tidak berbeda dengan sekolah formal yang bisa lulus dengan NEM tinggi. Mulailah untuk sadar akan kenyamanan dan masa depan anak generasi bangsa. Bahwa sekolah bisa dimana saja, tanpa harus berada dalam ruangan berbentuk kubus dengan duduk manis diatas kursi membuka lks. Biarkanlah generasi penerus berkembang dengan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment