Monday, December 15, 2014

GEDUNG

Laela Insyafani

        Jika kalian mendengar kata sekolah, pasti dalam pikiran kalian yaitu uang, biaya mahal, gedung, buku pelajaran, seragam dan lainnya. Disini saya akan membicarakan tentang gedung. Banyak sekali orang berfikir kalau gedung sekolah bagus pasti mutu kualitas atau prestasi yang dimiliki sekolah juga bagus. Jadi tidak heran siswa-siswi memilih sekolah yang mempunyai gedung yang bagus, bertingkat. Mereka berfikir sekolah yang memiliki gedung yang bagus pasti di dalamnya terdapat anak-anak yang pintar, guru-guru yang profesional, prestasi yang bagus serta memiliki ruang-ruang lengkap, seperti lab biologi, kimia, computer, multimedia dan lainnya. Kebanyakan orang beranggap bahwa orang yang sekolah di sekolah yang mempunyai gedung keren pasti dia adalah orang dari latar belakang keluarga yang kaya, karna pasti banyak uang yang di keluarkan untuk membiayai kebutuhan sekolah. Tetapi bagi orang yang tak berada pasti lebih memilih sekolah yang biasa bahkan mungkin gedungnya rusak, murah atau bahkan yang gratis. Walaupun begitu mereka bersyukur karena bisa menyekolahkan anaknya karena mereka ingin anaknya menjadi sosok yang  mempunyai masa depan cerah
       Mengenai gedung yang rusak, saat ini bisa kita lihat bahwa banyak sekali gedung-gedung di sekolah rusak. Siswa siswi terpaksa harus belajar di ruang-ruang yang keadannya rusak parah agar tetap memperoleh ilmu untuk bekal masa depan. Dalam kegiatan belajar mengajar perlu sekali sarana dan prasarana yang memadai aman dan nyaman, agar dapat menambah motivasi siswa siswi dalam mengikuti pelajaran yang diberikan para guru di sekolah. Namun sayang, kenyamanan dan ketenangan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tidak di rasakan oleh siswa siswi karena kondisi bangunan sekolah rusak. Seperti atapnya sewaktu-waktu bisa runtuh, hingga dinding bangunannya yang sudah pecah., dengan kondisi bangunan seperti itu menjadi sangat bahaya jika hujan turun disertai angin karena di kawatirkan bangunannya akan roboh, bahkan sangat miris jika ada korban jiwa yang meninggal karena tertimbun oleh bangunan gedung sekolah tersebut.
Kondisi gedung sekolah di Indonesia banyak yang mengalami kerusakan, tapi tidak ada rasa kepedulian, tanggung jawab dari pemerintah untuk membangun atau memperbaiki gedung-gedung yang layak pakai demi pendidikan. Sangat di sayangkan jika banyak gedung sekolah di Negara kita roboh, bahkan membuat anak-anak menjadi putus sekolah.

No comments:

Post a Comment