Tuesday, December 30, 2014

Ajarkan Anak Bukan Untuk Menghafal Tapi Untuk Menemukan

Nining Rihana

        Pengetahuan merupakan kunci utama di dalam menjalani hidup sehari-hari. Banyak cara untuk mendapatkan pengetahuan yang kita inginkan. Tetapi, bagi pembelajaran pendidik tidak harus memberikan sistem robot. Mau tahu ngak sistem robot tuh kaya gimana? Sistem robot itu, dimana peserta didik dituntut untuk menghafal berbagai materi yang di ajarkan tanpa diselingi pengetahuan untuk mempraktekanya. Lihat saja ilmuan, kebanyakan ilmuan memperaktekan dan memiliki rasa penasaran dalam berbagai hal pengetahuan. Dengan adanya rasa penasaran itu ilmuan dapat menciptakan berbagai penemuan yang menggemparkan dunia. Jadi peserta didik diharapkan dpat memiliki pemikiran analisis sehingga mereka merupakan peserta didik yang cekatan, cerdas dan memiliki kualitas yang tinggi. Dengan diajarkannya pemikiran terbuka mereka tidak hanya memiliki kemampuan buku saja tetapi kemampuan praktekumnya juga bagus didalam pembelajran berbagai ilmu pengetahuan.

       Peserta didik dari mulai SD, SLTP, SLTA banyak yang belum memiliki kemampuan untuk berfikir analisis. Sehingga perkembangan pengetahuan yang mereka pelajaripun masih setara di bawah. Hal inilah yang harus kita ubah sebagai pendidik, agar peserta didik kita dapat memiliki kemampuan yang tinggi dibidang pengetahuan yang mereka geluti. Pendidik turut andil untuk dapat memberikan gambaran metode pembelajaran yang sesuai khususnya suatu metode agar dapat memberikan pemikiran yang terbuka dan pemikiran jangka panjang. Kita dapat mengacu pada film TRI IDIOT hindia, kenapa demikian? Film ini memberikan inspirasi bagi peserta didik agar tidak monoton dalam sistem belajar bagaikan robot untuk dapat menjadi insinyur. Padahal dalam sistem pembelajaran yang sebenarnya, pengetahuan yang terbuka lebih memberikan motivasi akan kemampuan yang sebenarnya dan tidak terpaku akan materi yang di berikan pendidik kepada muridnya.

       Dengan adanya kemampuan untuk memberikan pembelajaran atau pengalaman untuk melakukan sebuah penemuan. Tentu pertama murid akan sulit beradap tasi, tetapi yakinlah metode belajar yang demikian lebih efektif dan lebih dapat mengembangkan pemikiran kita terhadap pengetahuan yang peserta didik pelajari di bangku sekolah. Sehingga mereka dapat memiliki kemampuan yang lebih saat terjun di masyarakat kelah. Thank.
   


No comments:

Post a Comment