Tuesday, December 30, 2014

Peraturan Sekolah, Apakah Penting?

Peraturan Sekolah, Apakah Penting?

      Di sekolah seperti yang kita ketahui banyak sekali aturan-aturan yang ditetapkan. Sekolah merupakan sarana pelayanan untuk mendidik murid menjadi seseorang yang lebih baik dan berguna. Mendidik murid menjadi seseorang yang lebih baik memang sulit, salah satu upaya yang di lakukan pada pihak sekolah yaitu membuat peraturan sekolah.

      Peraturan sekolah harus di patuhi, peraturan sekolah sangat penting. Adanya peraturan sekolah dapat membantu pihak sekolah untuk menjadikan atau merubah muridnya menjadi lebih baik, supaya murid tahu akan batas-batas perilaku sehingga tak terjadi penyimpangan sosial. Tapi sesuai dengan pengalaman saya pribadi, hampir siswa berfikir bahwa adanya suatu peraturan yaitu untuk di langgar. Banyak siswa-siswi dengan sengaja melanggar peraturan, Dengan bersikap seperti itu, mereka merasa mempunyai tantangan walaupun pada akhirnya mereka akan mendapat hukuman dari pihak sekolah. Justru di saat seperti itulah kehidupan siswa-siswi menjadi lebih berwarna tidak monoton dan saat itu lah mereka rindu kenangan saat di sekolah.

      Hukuman yang diberikan ternyata tidak membuat siswa siswi merasa takut ataupun jera, malahan mereka akan bertambah nakal dan nakal. Banyak kejadian ataupun perilaku yang unik dari para siswanya, seperti merokok, bawa handpone, membawa alat tajam, membawa bacaaan atau gambar porno, perkelahian antar sekolah, dan lainnya. Pihak sekolah tidak putus asa dalam menghadapi masalah yang timbulkan akibat melanggar peraturan sekolah.

      Masalah-masalah yang dihadapi pihak sekolah akibat kenakalan dari peserta didiknya, harus ada jalan keluar supaya peserta didik bisa disiplin dan taat pada peraturan yang di tetapkan sekolah. Banyak para siswa beranggapan sekolah bagaikan di dalam penjara. Argument itu muncul karena adanya peraturan-peraturan yang ketat yang dibuat oleh pihak sekolah. Contoh kasus yang sepele yaitu seorang siswa yang mempunyai rambut gondrong. Banyak sekolah melanggar siswanya berambut gondrong, tapi anak yang bandel pasti akan merasa cuek dengan peraturan tersebut. walaupun sudah beberapa kali ketahuan oleh pihak sekolah dan beberapa kali pula sudah di hukum seperti rambutnya di potong secara paksa oleh pihak sekolah. sekolah menerapkan aturan seperti itu pasti ada maksud dan tujuan yang baik, seperti pihak sekolah ingin penampilan muridnya rapi, sopan.

      Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah pasti tidak lepas dengan adanya berbagai peraturan dan tata tertib yang di berlakukan di sekolahnya. Setiap anak pasti di tuntut untuk dapat menaati peraturan dan tata tertib tersebut. Tujuan adanya aturan atau peraturan yang di terapkan oleh pihak sekolah yaitu untuk mengefektifkan pencapaian tujuan sekolah. Jika tujuan sekolah tercapai pasti akan membentuk siswa menjadi disiplin dan akan membentuk disiplin sekolah.

No comments:

Post a Comment