Thursday, December 18, 2014

Pendidikan Karakter Tanggung Jawab

Adidtia Ari Kuncoro             

             Pada proses pembelajaran sudah menjadi keharusan bagi seorang pendidik memberikan tugas rumah kepada peserta didik sehingga pada saat dirumah peserta didik kembali membuka pelajaran yang pernah mereka pelajari. Akan tetapi, realitasnya pekerjaan rumah ini terkadang menjadi pekerjaan sekolah dalam artian peserta didik kadang mengerjakan tugasnya disekolah bersama teman-temannya, kadang pula mereka tidak mengerjakan dengan alasan lupa. Hal ini lah yang menjadi persoalan yang didapatkan oleh seorang pendidik dan dianggap karakter tanggung jawab seorang peserta didik terhadap tugas yang diberikan kurang.
           Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dsb), SaidHamid Hasan, dkk (2010: 10) menyatakan bahwa deskripsi tanggung jawab adalah Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Indikator Sekolah dalam karakter tanggung jawab
            1.    Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
            2.    Melakukan tugas tanpa disuruh.
            3.    Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
            4.    Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas.

Indikator Kelas dalam karakter tanggung jawab
            1.    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
            2.    Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah.
            3.    Mengajukan usul pemecahan masalah

Kesadaran seorang peserta didik harus digugah bahwa mereka mesti bertanggung jawab dalam setiap hal termasuk ketika diberikan tugas rumah, maka mereka harus mengerjakannya tanpa alasan apapun.
Salah satu yang mesti dilakukan oleh seorang pendidik dalam menghadapi kasus ini adalah strategi dan metode yang mesti dirubah. Pemberian reward kepada peserta didik yang mengerjakan dan memberikan punishment kepada peserta didik yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah, serta pemberian nilai yang dibedakan antara yang mengerjakan dirumah dan yang tidak mengerjakan dirumah sehingga peserta didik merasa bertanggung jawab dalam pekmberian tugas rumah tersebut dan agar peserta didik yang mengerjakan merasakan keadilan.


No comments:

Post a Comment