Thursday, December 11, 2014

Sekolah Alam

Ika Wulandari
            Sekolah alam? Yaa, sekolah dengan sistem yang berbeda dengan sekolah biasa. Sekolah yang mempunyai tujuan lebih banyak dari sekolah biasa. Sekolah yang benar-benar ingin membentuk karakter siswanya. Benar-benar sangat mulia tujuan dari sekolah alam ini.
            Sekolah alam lebih mengunginkan siswanya mempunyai karakter yang baik. Karakter dengan nilai moral yang tinggi, karakter yang mampu merubah negeri ini menjadi lebih baik. Jarang sekali sekolah biasa lainnya memperhatikan karakter siswanya ketika lulus, yang mereka harapkan hanyalah nilai yang mampu membuat sekolah tersebut lebih terkenal dengan nilai UN yang baik. Melihat tindak korupsi yang semakin banyak, perlulah dibangun karakter siswa dengan moral keagamaan yang tinggi.
            Kebanyakan dari sekolah alam tak menggunakan seragam. Dengan tak berseragam ini siswa akan lebih leluasa ketika bermain dengan alam untuk memperoleh sebuah penemuan baru. Dengan begitu siswa bebas melakukan apapun sesuai bakatnya.
            Sekolah alam juga menanamkan jiwa wirausaha bagi siswanya. Mereka dilatih untuk menghasilkan karya yang bernilai jual. Dengan sistem yang membangkitkan jiwa wirausaha, tentunya mereka juga akan belajar tentang menjadi seorang pemimpin dan dipimpin. Dengan begitu secara otomatis siswa akan mendapat pendidikan yang mampu memperbaiki karakter anak bangsa seperti berani menanggung resiko, disiplin, melihat peluang, kreatif, inovatif, dll.

            Sistem yang seperti ini yang dibutuhkan oleh pendidikan di Indonesia. Yang mampu membentuk karakter dengan nilai moral tinggi. Generasi penerus tak bisa hanya dididik dengan sistem yang monoton, yang setiap tahun sama, namun mereka harus dididik dengan sistem yang mampu mengembangkan pola pikir mereka untuk menuju Indonesia lebih baik. Perlulah kita menyamakan persepsi bahwa generasi penerus menginginkan sesuatu yang baru, mereka tak ingin monoton dengan sistem yang ada.

No comments:

Post a Comment