Tuesday, December 30, 2014

Kelas yang Menyenangkan Bagi Peserta Didik

Nining Rihana

Kelas merupakan pertemuan antara murid dan guru, dimana mereka saling berbagi ilmu, pengalaman, kemampuan, fikiran, keceriaan dan harapan. Sekolah merupakan ajang bagi siswa siswi untuk belajar pelajaran akademik ataupun non akademik. Dengan adanya pembelajaran tentu pemerintah memberikan kurikulum yang layak agar siswa serta pendidik yang mengajarkan ilmu kepada muridnya dapat memiliki tuntunan serta pedoman dalam mengajar. Pengajaran didalam kelas yang menyenangkan bermula pada pendidik yang memberikan bimbingan serta keceriaan dalam kelas.
Keceriaan merupakan awal terbentuknya kelas yang menyenangkan dan dapat menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa dalam kelas tersebut. Tidak heran dimana di saat kita dahulu sekolah kita merasakan kesenangan dalam pembelajaran dengan adanya metode pendidikan yang sangat menggembirakan didalam kelas. Dapat kita pahami dan kita mengerti bagaimana metode yang baik dalam membentuk kelas yang menyenangkan bagi peserta didik supaya dapat nyaman di kelas serta menunggu waktu pembelajaran itu dimulai. Kebahagiaan yang tercermin bagi peserta didik tentu memiliki kesan yang luar biasa bagi peserta didik kita.

Kelas yang menyenangkan bagi peserta didik dapat kita ketahui sebagai berikut: 1) memberikan waktu yang santai bagi peserta didik di awal pembelajaran 2) memberikan selingan cerita lucu di sela pembelajaran itu berjalan 3) memberikan motivasi dalam pembelajaran yang sedang mereka pelajari 4) usahakan kelas jangan sampai sepi dan tetap semangat bagi peserta didik untuk mengikutinya. Bila cara tersebut di praktikkan bisa jadi peserta didik akan nyaman di kelas dan mereka akan menyukai kelas yang anda ampu sebagai kelas yang menyenangkan. Dalam kehidupan sekolah peserta didik terkadang menginginkan sensasi yang berbeda dari pembelajaran pendidik saat mengajar. Mereka jenuh dan bosan dengan beberapa cara pembelajaran yang biasa mereka ikuti. Nah dalam kasus ini, jadikanlah kelas yang anda ampu dapat menjadikan inspirasi serta ada saat yang mereka tunggu-tunggu, contohnya saja hiburan, liburan, jalan-jalan bersama itu dapat menjadikan peserta didik menyukai kelas yang menyenangkan di dalam pembelajaran yang mereka ikuti.

Inilah beberapa gambaran agar dapat menciptakan kelas yang menyenangkan bagi peserta didik serta pendidik agar dapat mendapatkan kelas yang menyenangkan.



No comments:

Post a Comment