Tuesday, December 30, 2014

Melesatkan Kembali Otak Kiri

Muafid Ardyansah
  Semakin gencarnya kebijakan untuk lebih menguatkan kegiatan ekstrakulikuler pada siswa sangat mengundang perhatian di berbagai kalangan, khususnya dunia pendidikan, siswa guru ataupun wali siswa yang aktif ambil peran dalam perkembangan putra-putrinya. Tak dapat di pungkiri lagi bahwa ekstrakulikuler bagi siswa adalah kepentingan yang sangat kognitif yang dapat memupuk kemampuan siswa yang di sadari atau tidak telah mendarah daging sejak lama. Tapi beberapa pengajar telah banyak mengeluh tentang absensi siswa yang semakin hari justru menunjukkan data yang tidak spesifik, kehadirannya dalam kegiatan ekstrakulikuler wajib ataupun minat di sekolah cenderung menurun karena kegiatan yang dapat di katakan kurang menghasilkan . Dan justru berawal dari cita-cita dan impian inilah Kementrian Penddikan dan Kebuadayaan telah merencanakan membuat dan melaksanakan tentang kebijakan ekstrakulikuler pada kurikulum 2013.kegiatan ekstra kulikuler merupakan perangkat operasional (supplement dan complement) kurikulum, yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencaana kerja tahunan / kalender pendidikan satuan tahunan .
     Kegiatan yang menjembatani kebutuhan perkembangan peserta didik yang berbeda seperti perbedaan sense akan nilai moral dan sikap kemampuan serta aktivitasnya ini tak sedikit memberikan manfaat bagi perkembangan dan keaktifan siswa seperti manfaat bagi perkembangan , sosial , rekereatif, ataupun persiapan karir. Kegiatan yang menyita waktu pada sore hari ini dapat meningkatkan kemapuan kognitif, afektif,dan psikomotor. Selain dari pada itu kegiatan ini dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya. Berawal dari titik yang sangat redah inilah perkembangan dari siswa akan sangat kental dan kuat untuk menuju pribadi yang aktif dalam menyongsong kehidupan yang erat akan persaingan ini.
     Dari banyaknya argumentasi oleh beberapa pihak memang sudah sepantasnya kebijakan ini benar-benar harus digalakkan di kalangan dunai pendidikan. Dengan demikian sangat di harapkan dukungan yang positif dan partisipasi yang maximal dari semua pihak . Agar nantinya jiwa-jiwa muda yang penuh akan kobaran semangat prestasi non akademik akan treus berjaya dan bersaing dengan Negara di penjuru dunia lainnya.

No comments:

Post a Comment