Wednesday, December 31, 2014

Penggunaan Handphone di Sekolah

@ilhamxfarid

            Di zaman era globalisasi ini yang namanya perkembangan komunikasi sudah semakin pesat, maju, dan modern. Misalnya saja handphone, baru 5 tahun yang lalu yang namanya handphone senter merajalela dan memiliki nial jual yang tinggi tapi sekarang hape senter menjadi pilihan ke 100 diantara type dan model handphone sekarang dan hampir tidak dijual di counter-counter hape saat ini. Yang namanya alat komunikasi untuk zaman sekarang wajib dimiliki oleh siapapun.
            Sekolah-sekolah pada umumnya menerapkan peraturan yang melarang siswa-siswinya untuk membawa handphone. Karena dikhawatirkan akan mengganggu jalannya proses belajar mengajar. Tapi yang namanya peraturan ya tetap saja banyak yang melanggar ya bro syarif. Siswa-siswi beranggapan bahwa alat komunikasi penting dibawa oleh mereka untuk menghubungi orang lain.
            Memang benar juga alasan-alasan yang mereka ungkapkan diatas. Tapi ya tetep saja semua itu melanggar peraturan. Tidak hanya siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas saja yang membawa hadphone, bahkan baru-baru ini saya melihat dengan mata kepala saya anak-anak Sekolah Dasar sudah banyak yang membawa handphone! Disaat saya seumuran mereka yang biasa saya bawa ke sekolah ya paling kelereng, ketapel, dan berbagai mainan tradisional lainnya. Kenal handphone saja kalau tidak salah kelas 5 SD. Memang ssih ini semua karena pesatnya kemajuan zaman. Seharusnya ini juga diimbangi oleh guru untuk memberikan sosialisasi-sosialisasi kecil tentang alat komunikasi ini dan melakukan pengawasan. Karena tak jarang pula banyak terjadi pemalakan oleh preman-preman kepada anak SD yang membawa handphone ke sekolah.

            Angka kejahatan pada anak-anak yang tiap tahunnya makin meningkat juga karena faktor-faktor ini. Dalam hal ini peran pemerintah dalam membantu mewujudkan rasa aman kepada anak-anak sangat diperlukan. Diberlakukannya peraturan-peraturan yang ketat mengenai membawa alat komunikasi pada anak SD saya rasa sangat diperlukan. Karena di seumuran mereka belum saatnya untuk menggunakan alat komunikasi terutama handphone secara bebas, harus masih dalam pengawasan orang tua. Agar nantinya tidak terjadi penyalahgunaan handphone tersebut.

No comments:

Post a Comment