Wednesday, December 31, 2014

Pentingnya Pendidikan Sejak Usia Dini

Nani Maryani

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendikan yang dilaksanakan sebelum memasuki pendidikan dasar yang merupakan pendidikan formal yang diwajibkan oleh pemerintah. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang diberikan sejak anak lahir hingga berusia enam tahun. Pembinaan ini dirasa sangat perlu dilakukan untuk semua anak yang belum memasuki usia pendidikan dasar. Karena dalam PAUD, anak-anak akan diberikan rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohaninya, agar anak memiliki kesiapan untuk berbaur dengan dunia yang lebih luas lagi dan dapat berinteraksi dengan baik.
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu pendidikan bagi anak-anak yang sangat memperhatikan pertumbuha dan perkembangan fisik, kecerdasan, dan sosio emosional yaitu sikap dan perilaku serta agama sesuai dengan usia pertumbuhan mereka masing-masing. Kita harus menyadari dan paham betul bahwa usia ini adalah usia emas bagi pertumbuhan dan perkembagan anak, atau disebut juga golden age. Jadi, kita harus benar-benar mengerti hal apa saja yang harus kit aajarkan kepada mereka, bagaimana cara kita mendidik mereka. Hal tersebut sangat mempengaruhi sikap dan kecerdasan hingga tumbuh besar nanti.
Selain pendidikan nonformal, pendidikan informal juga sangat penting. Pendidikan informal adalah pendidikan yang pertama dan utama untuk seorang anak, karena pendidikan ini telah berjalan bahkan sejak seorang anak terlahir didunia ini. Didikan orang tua yang baik anak membentuk pribadi yang baik, begitupun sebaliknya, pendidikan keluarga yang tidak baik atau kurangnya bimbingan dan kasih sayang dari keluarga akan sangat mempengaruhi pertumbuhan seorang anak. Selain keluarga, dalam pendidikan informal, peran lingkkungan juga snagat penting. Perlu adanya kesinambungan antara keluarga dengan lingkungan. Karena ketika keluarga mendidik anak dengan sebaik mungkin, namun lingkungan yang menjadi tempatnya bermain dan tumbuh justru kurang baik, maka ada kemungkinan bahwa anak tersebut akan terpengaruh lingkungan yang tidak baik. Jadi, tugas orangtua selain memberikan pendidikan dalam keluarga, juga mengawasi anak agar selalu berada dilingkungan yang tepat.

Pendidikan informal menjadi awal modal bagi anak untuk memasuki PAUD, dan hal-hal yang diberikan dalal PAUD akan menjadi bekal bagi anak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

No comments:

Post a Comment