Tuesday, December 30, 2014

Peran Guru dalam Proses Pembelajaran

Anwar Shandy
 
Guru adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sisteem pembelajaran, guru adalah orang yang langsung bertatap muka dengan siswa setiap hari. Oleh sebab itu perannya sangat vital terhadap proses pembelajaran. Guru harus mengerti bagaimana caranya mengajar dengan baik supaya para siswa mampu menguraikan maksud apa yang disampaikan oleh guru pada waktu pembelajaran.

    Sebenarnya yang mempunyai peran terpenting dalam dunia pendidikan adalah guru karena gusu adalah yang mengimplementasikan system yang dibuat oleh pemerintah pusat, sebaik apapun system yang dibuat system itu aka berhasil jika penyampaiannnya baik, dengan kata lain yang bertugas disini adalah guru. Bagaimana pendidikan bias maju dan berkembang kalau cara penyampaian atau pengajarannya salah atau tidak berkualitas. Di dunia pendidikan sering terjadi salah ajar, maksudnya adalah cara mengajar guru yang monton dan tidak inovatif, bankan mungkin ada guru yang berfikir cuma masuk kelas dan membakan materi yang ada entah siswa paham atau tidak itu bukan urusan mereka. Ini adalah pemikiran yang salah karena sebenarnya kunci utama pendidikan adalah di guru.

    Guru seharusnya harus mengerti bagaimana cara mengajar yang baik dan benar karena kunci pendidikan ada pada mereka. Guru harus bias mengerti tentang kondisi muridnya bahwa setiap murid itu tidak sama oleh karena itu setiap pertemuan mengajar jangan menggunakan metode mengajar yang sama tetapi gabungkan beberapa metode agar penyampaian pembelajaran bersifat inovatif. Guru memiliki tanggung jawab yang penting bagaimana caranya agar siswa paham dengan mata pelajaran yang diberikan. Guru yang baik harus mengerti bagaimana cara bersikap yang baik dalam proses pembelajaran.

No comments:

Post a Comment