Friday, December 19, 2014

Kelompok Bermain

Tri Lestari Utami
Facebook : Tri Lestari Utami

Kelompok bermain dalam wikipedia adalah (bahasa Inggris: playgroup) merupakan satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak usia di bawah lima tahun. Dan tugas dari kelompok bermain adalah, membimbing anak, memberikan wadah yang dapat mendukung mengembangkan potensi dan kemampuan anak, serta membangun sikap dan perilaku anak. Anak dalam usia dibawah lima tahu pastinya orang tua tidak ingin jika mereka kehilangan masa emas perkembangannya. Untuk itu jika para orang tua dirasa kurang mampu untuk membimbing anak dalam hal pengembangan potensi maka alangkah baiknya jika mereka memanfaatkan keberadaan Kelompok bermain sebagai salah satu alternatif.
            Kelompok bermain kegiatannya tidak satu hari melainkan hanya setengah hari itu pun tidak sampai jam 12, bisanya diselenggarakan minimal 2 jam dan maksimal untuk anak usia 2-3 tahun  atau minimal 2,5 tahun dna maksimal 6 jam untuk anak usia 4-5 tahun dikarenakan karena jika terlalu lama maka anak sudah mulaimbosan. Apalagi disini anak berusia dibawah lima tahun. Mereka belum mnegerti sekolah ataupun pembelajaran yang seperti di pendidikan formal.  Dalam kelompok bermain seperti namnya yaitu bermain, jadi kegiatan yang dilaksanakan dalam Kelompok bermaina adalah  kegiatan bermain dan disesuikan dengan usia mereka. Yang pasti tidak hanya kegiatan bermain-main saja melainkan bermain yang mengembangkan potensi atau mernagsang saraf motorik meraka ,belajar sambil bermain seperti namanya yaitu Kelompok Bermain. seperti contoh, saat lingkaran, kegiatan bermain, mengingat kembali.
Tidak lupa juga diterapkan nilai religius, penanaman nilai religius disini tidak diberikan atau disampaikan secara sederhana agar mereka dapat menangkap apa yang dismpaikan. Contoh sebelum dan sesudah makan mereka dibimbing untuk berdoa terlebih dahulu. Dan yang setiap hari diakukan adalah melakukan salam sebelum dan sesudah pembelajaran, itu adalah contoh sederhana dari penanaman nilai religius.Dalam Kelompok Bermain tidak hanya mementingkan individu tapi mereka juga diajarakan dan ditanamkan nilai kebersamaan. Banyak kegiatan yang dilakukan dengan berkelompok, bersosialisasi dengan teman yang lain.

No comments:

Post a Comment