Thursday, December 11, 2014

Perlunya Pendidik yang Profesional

Ika Wulandari

Untuk mewujudkan suatu pendidikan yang bermutu harus dimulai dengan pendidik yang profesional. Dengan pendidik yang profesional pasti mampu membawa peserta didiknya menuju ke tingkat dunia dalam hal pendidikan. Jika semua pendidik sudah mempunyai profesionalitas yang tinggi maka sistem pendidikan di Indonesia tidak akan carut marut.
            Pendidik yang profesional adalah pendidik yang memiliki disiplin yang tinggi, dekat dengan peserta didik, bekerja keras dalam mendidik, berkepribadian hangat, mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan tepat, dan masih banyak kriteria lain. Selain itu guru juga harus menguasai bidang studi yang akan diampu, mampu memahami peserta didik sehingga mampu merancang pembelajaran yang tepat untuk peserta didiknya serta evaluasi.
            Dengan perubahan zaman yang lebih cepat pendidik harus mampu mempersiapkan dirinya untuk menghadapi zaman ketika menghadapi peserta didik. Dalam memberikan informasi guru tak boleh ketinggalan zaman, metode apa yang tepat untuk peserta didiknya dan tepat untuk masa sekarang. Guru juga harus memiliki beberapa kompetensi agar bisa menjadi guru yang profesional.
            Guru harus kompeten dalam mengelola pembelajaran. Dalam hal ini guru mampu memahami peserta didik, merancang kemudin melaksanakan pembelajran, mengevaluasi hasil belajar, dan membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya. Untuk mendapatkan keahlian ini, calon pendidik ketika mengikuti perkuliahan harus selalu memperhatikan, selalu menerapkan apa yang telah diperoleh, dan ketika mendapatkan materi tentang perancangan pembelajaran dan kurikulum harus melakukan praktek.
            Guru juga harus berkepribadian selayaknya guru, misalnya berpribadi mantap, berakhlak mulia, berwibawa, dan pastinya mampu menjadi tauladan peserta didik. Agar guru memiliki kepribadian tersebut, ketika dalam perkuliahan harus sering melakukan observasi sehingga calon guru akan mengenal perilaku guru sebenarnya. Selain itu calon guru juga harus sering mengikutinkegiatan kemahasiswaan yang mampu membentuk kepribadian profesional.
            Kemudian guru juga harus mampu menguasai materi secara mendalam, sehingga mampu membimbing peserta didik mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Dalam hal ini keprofesionalan guru bisa dilatik ketika calon guru melakukan PPL. PPL harus dirancang dengan baik agar kemampuan keprofesionalan calon guru dapat tercapai. Sekolah dimana calon guru ini melaksanakan PPL harus membimbing calon guru ini sesuai prosedur yang telah ditetapkan.
            Selain itu guru juga harus kompeten dalam bergaul dengan siswa. Mampu bergaul secara efektif dan berkomunikasi yang baik dengan siswa, orang tua, dan masyarakat. Dalam hal ini guru harus berjiwa sosial tinggi. Untuk memiliki kompetensi ini, ketika kuliah calon guru ini harus dibimbing oleh dosen dengan metode pembelajaran yang tepat, yang lebih melibatkan dengan kelompok sehingga jiwa sosial calon guru dapat terbentu.

            Demikian beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik. Beberapa kompetensi tersebut bisa diperoleh dari berbagai cara, tak hanya yang telah disebutkan di atas.

No comments:

Post a Comment