Tuesday, December 30, 2014

Peningkatan Kualitas Tenaga kerja Melalui BLK

Alfi Setiani

Bukan saja ilmu pengetahuan dan teknologi yang senantiasa berkembang, namun bidang ekonomi dan perdagangan juga senantiasa berkembang. Dengan perkembanganya yang pesat seperti itu sudah tentu akan mempengaruhi jumlah tenaga keja yang dibutuhkan. Tenaga kerja yang dibutuhkan haruslah mempunyai standard an kualitas yang baik yang memiliki kompetensi yang tinggi agar dapat bersaing di pasar nasional, regional maupun internasional. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki permasalahan mengenai angka penganggurn yng tinggi, sejalan dengan semakin banyaknya jumlah lulusan satuan pendidikan yang tidak sebanding dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia. Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk menanggulangi masalah pengangguran ini, salah satunya adalah dengan adanya Balai Latihan Kerja (BLK) yang merupakan suatu pendidikan nonformal untuk pelatihan kerja yang khususnya diperuntukan untuk masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan setara dengan SMP dan SMA yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Melalui BLK diharapkan dapat mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja produktif yang baik. BLK semakin diminati karena dengan kurikulum dn program yang disediakan dapat menarik minat masyarakat. Namun sampai sekarang BLK masih belum dapat memenuhi kebutuhan pasar dikarenakan program pelatihanya yang masih bersifat konvensional dan belum berbasis kompetensi (CBT). Untuk meningkatkan sumber daya manusia dan untuk memenuhi kebutuhan pasar, BLK direvitalisasi baik system, metode, program, sarana dan prasarana juga SDM-nya guna menjadikan BLK sebagai lembaga yang kredibel, acceptable dan mandiri. Program yang harus diubah juga harus menerapkan program pelatihan yang berbasis kompetensi (CBT) dengan program ini diharapkan BLK mampu memciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di dunia kerja.
Diharapkan akan semakin banyak perusahaan atau industry yang akan menerima lulusan dari BLK sebagai pekerjanya. Sebagai lembaga yang memiliki peran sangat strategis untuk peningkatan kompetensi pencari kerja, BLK haruslah juga memiliki hubungan kemitraan yang baik dengan industry dan lembaga internasional, agar dapat memberikan informasi mengenai kemajuan teknologi yang akan berdampak pada kebutuhan keterampilan. Pemerintah juga berusaha mengintegrasikan sistem pendidikan nasional dengan sistem ketenagakerjaan nasional dengan mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan adanya usaha ini, diharapkan dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang dapat memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan dunia usaha atau untuk berwirausaha secara mandiri


No comments:

Post a Comment