Thursday, December 25, 2014

Konsep Diri yang Positif

FN Muktiono Dimi

Konsep diri merupakan pengertian diri seseorang mengenai dirinya sendiri. Terkadang kita menganggap diri kita sebagai orang bodoh, atau menilai diri kita sebagai seorang yang pemberani. Dari anggapan dan penilaian tersebut maka terciptalah yang namanya konsep diri. Konsep diri sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter, terutama untuk diri kita sendiri. Apabila anda berfikir bahwa diri anda itu bodoh, maka anda akan menjadi seorang yang penakut, tidak berani tampil di depan umum, dan tidak berani mengungkapkan pendapat anda. Demikian konsep diri yang negatif tersebut membentuk karakter diri anda menjadi karakter yang pemalu, penakut, dan sebagainya. Begitu pula sebaliknya, apabila anda menganggap bahwa diri anda adalah orang yang pintar dan juga baik, maka anda akan senang mengungkapkan pendapat anda, bergaul dengan orang lain, dan diri anda akan berkembang dengan baik. Konsep diri ini juga dipengaruhi oleh faktor faktor personal maupun situasional. Anda percaya bahwa di dalam diri anda memiliki sebuah kekuatan yang besar dibandingkan orang lain, maka anda akan benar benar memiliki kekuatan tersebut. Lain halnya jika di kelas anda dikenal sebagai orang yang bodoh, anda akan benar benar bodoh. Tidak ada teman sekelas anda yang mendengarkan pendapat anda atau bahkan mentertawakannya. 
          Dengan begitu, lama kelamaan anda akan menyimpulkan bahwa diri anda adalah orang yang bodoh dan enggan berpendapat. Pengetahuan akan konsep diri ini juga bisa diterapkan kepada anak. Mereka (anak) yang mendapatkan dorongan motivasi dari orang orang terdekatnya akan terlihat lebih berkembang dari pada mereka yang tidak mendapatkan dorongan dari orang orang terdekatnya. Menumbuhkan konsep diri yang positif terhadap anak sejak dini memang perlu. Apabila anda seorang guru yang melihat salah satu muridnya terlihat bodoh atau kurang menguasai pelajaran, maka berilah motivasi kepada anak tersebut, berkatalah kepada anak itu bahwa ia pintar. Begitupula yang seharusnya anda katakan apabila anda sebagai orang tua anak tersebut. 
           Konsep diri yang positif selalu membawa diri kita menuju perkembangan yang positif pula. Maka dari itu berfikirlah positif tentang diri kita maupun orang orang terdekat di sekitar kita.

No comments:

Post a Comment