Sunday, December 28, 2014

Membangun Kepercayaan Terhadap Diri Sendiri

FN Muktiono Dimi

        Apa itu percaya diri ? percaya diri atau dalam bahasa gaulnya di sebut “pede” yaitu merupakan salah satu aspek kepribadian seseorang yang percaya akan kemampuannya sendiri, meskipun di suatu saat kemampuannya mungkin bisa jadi kurang memadai akan tetapi orang itu akan tetap menaruh harapan positif terhadap kemampuannya. Percaya diri sangat erat kaitannya dengan konsep diri sendiri mengenai bagaimana diri anda secara keseluruhan baik fisik, mental, maupun lainnya. 
      Percaya diri yang tinggi akan dapat tercapai apabila anda memiliki konsep diri yang positif. Jika anda mengatakan kepada diri anda bahwa anda mampu melompat setinggi 2 meter maka hal tersebut sudah merupakan percaya diri. Sikap kepercayaan diri semacam ini biasanya berbanding lurus dengan konsep fisik diri anda. Saya yakin, akan sangat susah apa bila anda memiliki tubuh pendek dan kaki yang lemah untuk mengatakan pada diri anda bahwa anda mampu melompat setinggi 2 meter. Begitu pula sebaliknya, anda akan sangat mudah mengatakan kepada diri anda bahwa anda mampu mengangkat beban seberat lima puluh kilogram apabila anda orang yang kuat dan berotot. Jadi, kunci yang pertama untuk meningkatkan kepercayaan terhadap diri anda yaitu membangun fisik. Dengan membangun fisik anda sebaik mungkin, maka anda akan percaya terhadap fisik anda dan anda akan mendapatkan kondisi emosional yang baik. Ingatlah peribahasa “dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat”. Setelah fisik anda menjadi baik, hal ini tentu saja dibarengi dengan kondisi mental anda. Orang yang bertubuh besar dan juga sekaligus berotot biasanya lebih berani tampil di depan umum, dari pada mereka yang bertubuh kecil, sakit sakitan, jelek pula. Meskipun tidak semua kondisi menyatakan begitu, akan tetapi dengan menanamkan konsep kepada diri anda bahwa anda merupakan orang yang pemberani, maka anda akan terdorong untuk menjadi berani. 
       Dengan percaya diri, kondisi sosial anda juga terjalin dengan baik. Pernahkah anda mengamati bahwa orang yang berani banyak bicara biasanya mendapatkan lebih banyak teman ? terapkan itu pada diri anda.

No comments:

Post a Comment