Tuesday, December 30, 2014

Guru Ujung Tombak Pendidikan

Muhammad Arwani
      Kurikulum 2013 telah diimplementasikan dalam pembelajaran yang ada di sekolah. Namun sebelum di terapakan dalam sekolah sekolah tentunya pihak pemerintah telah melakukan berbagai persiapan dalam pengimplementasi kurikulum baru ini. Seperti diadakannya berbagai sosialisasi untuk memperkenalkan kurikulum 2013 yang hendak di terapkan nantinya. Selain itu berbagai pelatihan pun di ikuti oleh guru-guru agar mereka siap dan mendukung kelancaran proses belajar mengajar dengan menggunakan kurikulum 2013. Demi kesiapan implementasi pula berbagai persiapan, seperti penyiapan pelatihan guru, buku pegangan guru, buku paket untuk siswa , dan sebagainya.
      Suka tidak suka mau tidak mau kebijakan telah di tetap kanguru harus siap dengan semua peraturan baru yang telah di tetapkan sepaket dari pemerintah. Guru sebagai tonggak utama sekaligus kunci utama dari pendidikan yang sangat berperan dan menentukan keberhasilan dan kesuksesan dari sebuah pendidikan di sekolah. Untuk itu guru haruslah sigap dan tanggap dalam menyikapi hal-hal baru yang terjadi dalam dunia pendidikan dalam hal ini adalah pergantian kurikulum.
      Apapun kurikulum yang digunakan ketika pelaksana dilapangan sudah siap dan kompeten pasti akan memajukan serta mendongktak mutu pendidikan. untuk itu kualitas guru sangatlah penting dan fundamental sebagai urat nadi pendidikan Indonesia. Untuk itu peningkatan kualitas guru mutlak di perlukan demi mencapai tujuan pendidikan Indonesia.

No comments:

Post a Comment