Saturday, December 27, 2014

Anak Muda yang Berpeluang Besar untuk Sukses !!

FN Muktiono Dimi

           Kesuksesan merupakan hal yang selalu ingin dicapai oleh semua orang. Baik kesuksesan secara ekonomi, sosial, rohani, dan sebagainya. Tidak ada orang yang ingin gagal dalam hidupnya, bahkan orang gila sekalipun. Menjadi sukses bukanlah perkara yang mudah, hal tersebut ditentukan dari seberapa besar kita menetapkan standar kesuksesan untuk diri kita sendiri. Akan tetapi, ada beberapa poin penting untuk mengenali seseorang yang berpeluang besar akan sukses. Poin poin tersebut ialah : 
  • Kedisiplinan. Anak anak yang di didik oleh keluarganya dengan menanamkan nilai kedisiplinan akan mendapatkan peluang lebih besar untuk mendapatkan kesuksesan. Hal itu karena kedisiplinan membuat hidup kita bermutu, dan dalam dunia kerja maupun usaha, kedisiplinan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu sekolah sekolah di Indonesia juga menerapkan nilai kedisiplinan seperti dalam hal berseragam.
  • Remaja yang tidak pernah mengalami masa pacaran pada usia rentang 18 – 23 tahun. Pada masa tersebut, seorang remaja normalnya akan berfikir keras untuk menata masa depannya, mengatur rencana, dan membuat strategi alternatif untuk masa depannya. Akan tetapi bila pada masa tersebut mereka berpacaran, kemungkinan besar 60% ruang pikirannya dihabiskan untuk memikirkan pacaran. Bagi remaja perempuan mungkin hal ini menjadi lumrah, karena mereka akan ikut suami untuk masa depannya. Akan tetapi hal ini menjadi peringatan besar bagi remaja laki laki.
  • Rajin. Pintar, memiliki IQ tinggi, dan cerdas akan menjadi sampah apabila tidak rajin. Begitu pula sebaliknya, remaja bodoh, dungu, dan memiliki IQ rendah akan menjadi sukses karena mereka rajin. Akan tetapi lebih baik lagi, mereka yang pintar dan rajin. Mereka akan menjadi lebih sukses dari remaja pintar tapi malas dan remaja bodoh tapi rajin. Bergantung pada tingkat kerajinan mereka.
  • Mandiri. Mandiri tidak berseberangan dengan aspek sosial. Remaja yang mandiri artinya mereka mampu mengerjakan masalahnya sendiri dengan sedikit atau tidak melibatkan bantuan orang lain. Tidak hanya remaja saja, hal ini perlu diterapkan sejak anak anak. Lihatlah seorang anak sekolah yang mencatat tugasnya dibuku catatannya, sehingga ia tidak perlu bertanya kepada temannya mengenai tugas.



Itulah sebagian poin poin penting yang membuat anak muda memiliki peluang lebih besar untuk sukses di masa depannya. Masih banyak poin poin penting lainnya dan  kita juga harus mandiri dalam mencari poin poin itu sendiri.
 

No comments:

Post a Comment