Tuesday, December 30, 2014

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Yossika Vidya

Tentunya kalian tidak asing ketika mendengar istilah ”Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” bukan ? istilah tersebut sering digunakan untuk sebutan seorang Guru. Guru merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses belajar mengajar disekolah. Lembaga sekolah tidak dapat melaksanakan fungsinya sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran dengan baik tanpa adanya guru dalam sistem manajemen sekolah. Guru menjadi komponen penting karena darinyalah para diswa memperoleh ilmu, mengetahui hal hal baru dan mendapat pengetahuan yang luas. Karena kemampuan yang tinggi dan berpengetahuan luas merupakan kewajiban yang harus dimiiki seorang guru maka tidak sembarang orang bisa menjadi seorang guru. Profesi guru diperoleh dari pembelajaran khusus. Seorang guru dituntut memiliki kemampuan untuk mengatur segala sesuatu dalam proses belajar mengajar yang menjadi tanggungjawabnya.  Harus dapat mengkondisikan suasana kelas senyaman mungkin agar membuat peserta didik nyaman dan dapat menerima pelajaran dengan baik.
Posisi seorang guru terletak paling depan didalam proses atau kegiatan belajar mengajar. Untuk itu keprofesionalan sebagai seorang guru tentu saja sangat diutamakan. Seorang guru harus memiliki kode etik sebagai pegangan yang diakui serta dihargai oleh masyarakat. Profesi guru masih sangat disegani dilingkungan masyarakat. Sebagai guru kita tidak hanya menjadi teladan atau contoh bagi siswa siswi disekolah, namun juga harus memperhatikan tingkah laku dan etika ketika berada dilingkungan rumah tinggal.

Menurut WF Connell ada 7 peran seorang guru, yaitu :
1.    Pendidik
2.    Model
3.    Pengajar dan pembimbing
4.    Pelajar
5.    Komunikator terhadap masyarakat setempat
6.    Pekerja administrasi
7.    Kesetiaan terhadap lembaga.

Menjadi seorang guru juga dituntut berbagai hal, salah satunya untuk menjadi guru yang efektif. Untuk tampil efektif ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru.  Guru harus memiliki kemampuan memanage kelas. Karena itu merupakan salah satu syarat menjadi guru yang efektif.

No comments:

Post a Comment