Tuesday, December 30, 2014

Guruku Harapanku

Suerlin Diah Utami

Guru merupakan tauladan yang harus kita tiru. Tanpanya kita tidak akan sampai jenjang atas pendidikan, bahkan orang yang sudah sukses pun mengatakan demikian. Dialah salah satu  orang yang berjasa dalam kehidupan kita. Untuk itu kita harus menghormatinya. Pengertian guru yang lebih kompleks yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi. Mendidik sama halnya dengan mengajarkan kita bagaimana berperilaku yang baik, cara berkomunikasi yang baik, dll. Guru sebagai orang tua kedua bagi kita, hendaknya kita juga membalasnya dengan apa yang guru didik pada kita. Mengajar adalah tugas guru selanjutnya. Ilmu pengetahuan penting agar anak nantinya memiliki wawasan yang luas, gurulah yang mengajarkannya. Dalam mengajar, guru tidak asal-asalan dalam menyampaikan materi karna berkenaan dengan masa depan penerus bangsa Indonesia tercinta ini. Untuk selanjutnya yaitu membimbing. Kalian tahu apa itu membimbing? Kalau menurut buku yang saya baca yaitu BK membimbing sama halnya memberi bantuan. Bantuan dalam hal memberikan bantuan jika peserta didik belum paham, belum bisa, nah tugas dari guru ini lah yang akan membawa siswa paham dan bisa pada mata pelajaran yang diajarkan. Mengarahkan sama artinya dengan petunjuk.    

Guru memberikan petunjuk kepada peserta didik agar peserta didik dapat menaati dan patuh apa yang dikatakan oleh guru. Namun tidak sepenuhnya peserta didik patuh terhadap guru, jika petunjuk itu salah maka peserta didik berhak untuk menolaknya. Melatih merupakan tugas guru yang membuat siswanya bisa akan kemapuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Siswa akan mencoba hal-hal baru yang sudah diajarkan oleh guru. Siswa akan mencoba mengembangkan kemampuan yang sudah dimilikinya. Disini kurikulum 2013 mengasah otak untuk lebih bereksperimen daripada harus menghafal. Bagi sebagian guru dam murid, menghafal merupakan metode yang nantinya materi gampang untuk dilupakan, namun dengan adanya pemahaman seperti ini siswa diharapkan mampu mengembangkan ilmu yang sudah dimilikinya. Penilaian berlangsung ketika materi dalam proses pembelajaran sudah berakhir. Dengan begitu kemampuan masing-masing siswa akan kelihatan dengan adanya sistem penilaian. Yang terakhir yaitu mengevaluasi merupakan tahap dimana mengulang kembali mata pelajaran bagi siswa yang belum paham. Siswa berhak bertanya pada guru jika ada yang belum jelas dalam menyampaikan materi.

Tugas guru memanglah berat karena harus setiap hari mengajar untuk menyampaikan ilmu kepasa siswanya. Sebagai siswanya tentu kita harus berterima kasih kepada guru karena tanpanya kita tidak akan bisa mengerti ilmu pengetahuan. Gurukulah harapanku dimana guru menjadi peran penting dalam memperbaiki masa depan bangsa. Terima kasih guru atas jasa-jasamu.

No comments:

Post a Comment