Tuesday, December 30, 2014

Beasiswa Bidik Misi

@ilhamxfarid

            Beasiswa bidik misi merupakan bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu (miskin). Namun pada pelaksanaanya apakah sudah tepat sasaran? Walau tidak semuanya namun masih ada saja yang tidak tepat sasaran dalam beasiswa bidik misi ini. Seperti mahasiswa yang mampu namun dapat beasiswa bidik misi begitu pula sebaliknya.
            Seharusnya dari pihak perguruan tinggi dalam mensurvey suatu rumah untuk mengetahui benar adanya data yang diberikan mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa bidik misi ini harus benar-benar secara objektif. Tidak adanya intervensi dari pihak lain ataupun unsur perasaan lain. Jangan sampai karena data yang akan disurvey adalah milik seorang yang kita sukai lantas data ini diloloskan untuk mendapatkan beasiswa bidik misi padahal data yang disurvey ini memiliki kemampuan ekonomi lumayan baik. Sedangkan seorang yang benar-benar tidak mampu namun karena orang ini pernah menyakiti hati si penyurvey terus tidak diloloskan.
            Semoga saja kasus survey seperti diatas tidak benar-benar terjadi dikehidupan nyata. Untuk meminimalisir ataupun menghilangkan unsur-unsur diatas. Maka setiap perguruan tinggi harus memiliki tim pengawas dan berkerja sama dengan kepala desa atau instansi terkait di tempat anak yang akan di survey. Pengawas ini bertugas untuk mengawasi kinerja dari para pensurvey sedangkan kerja sama dengan kepala desa atau instansi terkait berguna untuk mengetahui apakah si anak tersebut benar adanya tidak mampu dalam hal ekonomi? Dalam pemilihan pengawas dan kerja sama ini juga harus dilakukan secara ketat dan tanpa memihak pihak manapun. Karena jika tidak maka percuma saja ada pengawas dan kerja sama ini. Walaupun ini membutuhkan biaya yang tidak banyak namun setidaknya kasus salah sasaran dapat hilang.

            Pemerintah dalam hal ini dikti yang mempunyai tanggung jawab dalam beasiswa bidik misi juga harus menerapkan peraturan-peraturan yang ketat dalam penerimaan beasiswa bidik misi ini. Seperti hal yang dijelaskan diatas, ini semua semata-mata agar kelak penerimaan beasiswa bidik misi yang tidak tepat sasaran ini dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Dan apabila adanya salah sasaran ini dikti juga harus bisa memberikan tindakan tegas seperti mencabut beasiswa bidik misi tersebut ataupun yang lainnya.

No comments:

Post a Comment