Wednesday, October 1, 2014

Misteri Hilangnya TIK dari Kurikulum 2013

Muhamad Arwani 

        Berbicara mengenai kurikulum pasti terlintas dalam benak kita tentang mata pelajaran yang akan di pelajari dalam sebuah sekolah atau lembaga pendidikan. ya itulah pandangan orang awam tentang kurikulum, walaupun banyak sekali definisi tantang kurikulum menurut berbagai ahli, akan tetapi kurikulum dalam artian atau pandangan lama secara singkat dapat di artikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus di tempuh oleh murid untuk memperoleh ijazah (Oemar Hamalik, 2007:3)
      Dari pengertian diatas kurikulum adalah matapelajaran yang harus di tempuh siswa, seiring dengan berkembangnya zaman dan dinamika pemdidikan kurikulum selalu berubah dari waktu ke waktu. Parubahan kurikulum tersebut menyesuaikan dengan keadaan atau kebutuhan akan hal apa yang harus di kuasai oleh siswa atau peserta didik nantinya. Tak terkecuali kurikulum di Indonesia ini juga sering berubah demi menyesuaikan kebutuhan siswa.
       Baru baru ini telah di berlakukan atau di tetapkannya kurikulum baru yaitu kurikulum 2013, yang sebelumnya mengunakan kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Perubahan kurikulum ini tantu memiliki konsepan baru pula yaitu salah satunya adalah menggunakan tematik dalam pengajarannya. Selain itu yang agak kontrofersial adalah penghapusan salah satu mata pelajaran yaitu TIK. Mata pelajaran TIK ini menghilang dari kurikulum 2013 yang sekarang sedang di berlakukan.
     Ada beberapa alasan mengapa kurikulum 2013 tidak memuat mata pelajaran TIK diantaranya adalah anak TK/SD saja sudah bisa menggunakan internet (teknologi) buat apa di ajarkan lagi di sekolah, kemudian alasan lain adalah guru harus dan di tuntut untuk bisa menggunakan teknologi. Namun analoginya adalah jika anak TK/SD telah bisa menggunakan internet sehingga tidak perlu di pelajari atau di ajari TIK, menjadi agak rancu karena TIK tidak sesederhana itu justru kegunaan atau fungsi TIK di pelajari atau di ajarkan di sekolah adalah sebagai control dan pengarah bagaimana TIK itu di gunakan dalam hal hal yang baik dan semestinya. Lalu mengapa TIK di tiadakan dalam kurikulum baru? 
    Hal di atas hanya menjadi sekelumit pertanyaan dan argument tentang di hapusnya TIK dari kurikulum 2013. Sebenarnya masih banyak hal yang harus di soroti pula dalam pembahasan ini seperti, bagaimana nasib guru TIK setelah adanya kebijakan penghapusan dan ditiadakannya mata pelajaran TIK dari kurikulum 2013. Serta masih banyak hal-hal yang mengganjal dan menjadi misteri dari menghilangnya mata pelajaran TIK saat ini.

No comments:

Post a Comment