Sunday, October 12, 2014

Sekolah Alam Menyanangkan

Ferlina Khoirun Nisa

                 Baiklah, minggu ini kita akan membahas tentang betapa menyenangkannya sekolah alam itu. Dari artikel saya minggu lalu dan minggu lalunya lagi sudah dijelaskan tentang konsep dan metode-metode belajar sekolah alam. Saat ini kita akan membahas tentang kelebihan dari sekolah alam itu sendiri dalam proses pembelajaran.
               Apakah Anda para orang tua masih bingung menentukan sekolah yang pas bagi anak? Mungkin sekolah dengan metode alam bisa jadi pilihan. Apa keuntungan bersekolah alam bagi anak?
               Sekolah bermetode alam adalah bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam sebagai media utama  pembelajaran murid. Di sini, anak belajar dari semua makhluk yang ada di alam semesta. “Back to nature” itulah kesan kesan sekolah di alam seperti sekolah alam. Berbeda dengan pembelajaran yang menekankan pada nilai kademik, maka sekolah alam akan mengembangkan segala kemampuan dan kemauan si anak didik sesuai postensi yang dimilikinya. Dengan cara yang menyenangkan, dan pendekatan kepada murit yang sangat aktif. Pada sekolah ala mini siswa dibebaskan untuk berkreasi sesuai kemauan dan kemampuannya. Namun, hal ini tidak terlepas dari peran seorang guru, guru tetap ada di samping muridnya namun tidak terlalu mengekang siswanya, bahkan guru mengikuti kemauan muridnya sesuai apa yang diinginkan muridnya untuk dipelajari.
               Dalam konsep pendidikan sekolah alam, terdapat 3 fungsi, yakni: (1) Alam sebagai ruang belajar. (2)Alam sebagai media dan bahan mengajar. (3) Alam sebagai objek pembelajaran. Cirri khas nya sekolah alam juga pada pembelajarannya yang berada di alam. Metode belajar mengajar lebih banyak menggunakan metode action learning, yaitu anak belajar melalui pengalaman. Jika mengalaminya secara langsung, ia akan belajar lebih bersemangat, tidak bosan, dan lebih aktif.
kemudian penggunaan alam sebagai media belajar bertujuan agar murid lebih peduli dengan lingkungan dan bisa menerapkan pengetahuan yang dipelajari.
               Keunggulan sekolah alam pada umumnya yaitu Anak tidak hanya terpaku pada teori saja, tetapi bisa mengalami langsung pengetahuan yang dipelajari.  Kemudian Meninggalkan sistem belajar mengajar konvensional, yaitu guru menerangkan dan murid mendapat pengetahuan hanya dengan mengandalkan buku panduan.   Lalu Ruang kelas terbuka atau tidak mengungkung anak di dalam empat sisi dinding.  

               Jadi sekolah ala mini adalah konsep tempat belajar yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Karena metodenya yang kembali kea lam dan cara belajarnya yang membuat murid-muridnya merasa suka belajar. Maka sadarlah anda akan kemajuan anak anda secara mendalam. Dan janganlah membuat anak-anak merasa terbebani jika belajar di sekolah.

No comments:

Post a Comment