Thursday, October 30, 2014

Sekolah

Rimbi Wijanti
1102413053

Sekolah. Deskripsi sekolah untuk kebanyakan orang adalah sebuah tempat dimana terdapat begitu banyak aturan. Tempat terkekangnya kreativitas dan inovasi, serta tempat yang sebagian orang menganggapnya sebagai sebuah “Penjara”. Terdapat banyak sekali aturan mulai dari seragam sampai tuntutan tuntutan mata pelajaran yang dianggap melelahkan. Anggapan anggapan seperti diatas biasa dilontarkan oleh sebagian siswa, dulu saya juga menganggap anggapan tersebut benar.
Sepertinya tanggapan pada paragraf kebanyakan berbau “negatif”. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa sekolah adalah tempat yang banyak terdapat aturan serta perintah perintah yang seharusnya dipatuhi. Tapi kita harus mengingat bahwa poin penting dalam sekolah. Sekolah adalah tempat untuk mencari ilmu seperti ilmu yang akan meningkatkan intelektualitas kita, kemudian tempat mengasah kecerdasan sosial dalam kehidupan bermasyarakat dan lain lain.
Perlu diketahui juga bahwasanya di sekolah ditetapkan begitu banyak aturan serta beban tuntutan yang harus dipenuhi semata mata untuk membentuk diri siswa agar menjadi siswa yang berkarakter. Seperti yang tercantum dalam UU no 23 tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional, yaitu yang bertujuan untuk membentuk manusia yang seutuhnya. Sekarang ini juga banyak sekolah yang di konsep tidak seperti kebanyakan sekolah formal. Misalnya saja Home Schooling yang dapat dilakukan di rumah yang tentunya tidak akan ada aturan seragamisasi.
Banyak juga sekarang sekolah alternatif yang memiliki konsep yang jelas berbeda dengan sekolah formal kebanyakan. Seperti sekolah alam yang terdapat di Jogja, sekolah tersebut tidak mengikuti kurikulum yang doitentukan oleh pemerintah akan tetapi sekolah tersebut memiliki cara tersendiri dalam pembelajarannya. Jadi anggapan bahwa sekolah adalah tempat yang membosankan bisa terjawab dari pemaparan diatas. Selain itu sekolah juga tidak lagi menjadi tempat lumpuhnya kreativitas siswanya. Karena banyak sekali SMA SMA yang mampu mengadakan even even yang “Anak Muda Banget” seperti peknsi tahunan, kemudian Class Meeting, Prom Night dan lain sebagainya.

Di sekolah juga terdapat banyak Ekstra kurikuler yang dijadikan wadah pengembangan bakat dan minat para siswanya. Setiap siswa diberikan kebebasan memilih mengikuti ekstra kurikuler sesuai minat dan bakatnya.  Jadi kesimpulannya anggapan tentang hal hal yang negatif yang berkaitan dengan sekolah bisa terbantahkan dengan beberapa argumen diatas. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment