Monday, October 20, 2014

Permasalahan Pendidikan

Anwar Shandi

            Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas yang terdiri dari derbagaimacam suku, ras dan banyak budaya, oleh sebab itu pendidikan yang merata sangat diperlukan untuk menyatukan dan memajukan bangsa Indonesia. Pendidikan bertujan untuk menyiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mempunyai daya saing yang tinggi untuk pembangunan. Pendidikan di Indonesia sekarang ini sudah diupayakan sebaik dan semaksimal mungkin oleh pemerintah, tetapi seiring dengan perkembangan zaman pendidikan mengalami berbagai tantangan yang menuntut pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini. Pemerintah mungkin merensanakan pembangunan secara fisik dengan susah payah, tetapi dasar dari pembangunan adalah pendidikan. Pembangunan yang pertama harus dimulai dari bagaimana membangun moral bangsa. 

       Seiring dengan perkembangan zaman timbul berbagai permasalahan dalam bidang pendidikan, pehatian pemerintah yang minim akan hal tersebut akan membuat pendidikan di Indonesia akan seperti terkesan jalan di tempat. Permasalahan pendidikan semakin sering terjadi di zaman sekarang ini dan sebaiknya permasalahan pendidikan tidak diselesaikan secara terpisah akan tetapi seharusnya dilakukan secara menyeluruh. Standar pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, juga penyelenggaraannya. Pelaksanaan program wajib belajar Sembilan tahun belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Kenyataannya banyak anak dipinggiran yang tidak mendapat peluang dalam menuntut ilmu, dan juga sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadahi dan kurang layak.

       Di Indonesia mewajibkan wajib belajar selama Sembilan tahun, tetapi hal tersebut hanya menimbulkan kesenjangan saja. Karena sekolah sekolah akan cenderung menerima anak anak dari golongan berduit saja sedangkan anak anak yang kurang mampu akan tersisihkan dan mereka tidak mendapat kesempatan yang sama dalam pendidikan, sedangkan sosialisasi tenteng beasiswa masih sangat minim juga. Penyelenggaraan pendidikan di indonesis juga jauh dari kata memuaskan, mulai dari staf pengajar yang kurang berpengalaman dan masih kurangkurang pelatihan, dan dana yang kurang atau masalah masalah yang lainnya. Permasalahan tersebut kalau tidak secepatnya diselesaikan justru malah akan semakin menjamur. Profesionalitas sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah masalah tersebut, mulai dari pusat sampai perorangan. Kita harus terus berjuang untuk mengembangkan pendidikan Indonesia yang maju dan berkualitas tinggi dan dapat bersing di dunia.

No comments:

Post a Comment