Sunday, October 12, 2014

Cari Tempat Kursus, SIMAK NIH!

Nani Maryani
 maryaninani1@gmail.com      

Sudah dua minggu kita membahas mengenai pendidikan non-formal berupa kursus, sekarang saya akan mengulas lebih dalam lagi, yaitu mengenai beberapa tempat kursus yang cukup bagus dan terkenal di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi yang baik untuk sobat pembaca.
Sebelum kita menilai bagus atau tidaknya suatu lembaga kursus, ada beberapa kriteria yang sekiranya bisa menjadi pertimbangan ketika memilih tempat kursus. Pertama, system belajar mengajarnya. Kita harus tahu bagaimana kondisi belajar mengajar dalam lembaga kursus tersebut. Ketika ditawari orang untuk mengikuti kursus, jangan langsung percaya, tapi tanyakan dulu pada yang sudah mengalami kursus ditempat tersebut. Kedua, referensi atau buku yang diguakan. Ada lembaga kursus yang memang menggunakan buku buatannya sendiri dengan kurikulum dan metode yang diciptakan sendiri, dan ada juga yang membeli dari penerbit tertentu. kita harus bisa membandingkan dan menilai sendiri. Ketiga, pengajar atau guru. Kriteria ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena guru yang berkualitas akan menentukan pembelajaran kita juga. Antara guru yang sudah tua dengan yang masih muda pun aka berbeda hasilnya.
Beberapa tempat kursus yang memiliki kriteria diatas diantaranya yaitu; EnglishFirst, kursus ini sudah bertaraf internasional dan menjadi salah satu perusahaan pendidikan terbesar didunia, karena memiliki 15 anak perusahaan dan 35 ribu karyawan diseluruh dunia. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki 450 cabang kantor yang tersebar diseluruh daerah. Yang tidak kalah hebatnya yaitu EasySpeak, yang paling spesial dari lembaga kursus bahasa Inggris ini adalah setiap satu murid akan dibimbing oleh satu guru, sehingga pembelajaran akan lebih efektif. Mereka selalu mempunyai targen untuk muridnya agar bisa menggunakan bahasa sehari-hari dalam kurun waktu tertentu.

Sebenarnya tidak hanya lembaga kursus saja yang menjadi pertimbangan penting, tetapi juga kemauan dari kita sendiri. Mengikuti kursus tanpa mempraktekkan pun akan percuma. Semua berawal dari niat dan didukung dengan tempat kursus yang kita ikuti. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa lembaga kursus disekitar kita akan menjadi wadah yang baik, asalkan kita memiliki kriteria tertentu yang setidaknya dapat menunjang kursus bahasa inggris kita agar cepat dan efektif dalam pembelajarannya.

No comments:

Post a Comment