Friday, October 3, 2014

Bagaimana Pembelajaran di SLB A ?

Nur Rofiqoh

Sebagian besar orang mungkin hanya tahu bahwa Sekolah Luar Biasa (SLB) merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi anak- anak yang berkebutuhan khusus. Padahal kenyataannya tidak hanya itu. Sekolah Luar Biasa (SLB) ada beberapa jenis. Mulai dari SLB jenis A sampai SLB jenis G.  Model pembelajaran untuk tiap jenis SLB itupun berbeda- beda. Akan tetapi kali ini yang akan kita bahas adalah SLB jenis A. SLB jenis A diperuntukkan bagi anak- anak tunanetra. Anak- anak tunanetra merupakan mereka yang memiliki kekurangan pada indra penglihatan atau ketidakfungsian indra penglihatan yang mereka miliki. Berdasarkan daya penglihatannya, tunanetra dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. ada tunanetra ringan, setengah ringan, sampai pada tunanetra berat. Untuk tunanetra ringan dan setengah ringan, mereka masih bisa mengikuti pendidikan biasa. Akan tetapi untuk tunanetra berat memerlukan pendidikan khusus.
Pembelajaran untuk tunanetra di SLB A disesuaikan dengan kondisi peserta didiknya. Guru akan memaksimalkan penggunaan indra- indra lain yang masih berfungsi untuk mengimbangi ketidakfungsian indra penglihatan peserta didik. Gurupun dituntut untuk memperhatikan perbedaan tiap tiap individu tersebut. Karena ada anak yang buta total dan ada juga anak yang tidak mengalami buta total. Ada beberapa metode pembelajaran yang digunakan guru untuk menghadapi anak- anak tunanetra tersebut. Ada metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode bimbingan langsung, dan lain sebagainya.

Untuk metode ceramah, guru akan memberikan materi secara lisan kepada peserta didik. Peserta didik akan memanfaatkan indra pendengarannya untuk menggantikan indra penglihatannya yang tidak berfungsi. Metode ceramah akan membuat peserta didik ikut berpartisipasi dalam pembelajaran, begitu pula dengan metode diskusi. Selain beberapa metode pembelajaran diatas, disediakan pula media pembelajaran untuk anak- anak tunanetra di SLB A. ada alat bantu menulis huruf braille, alat bantu membaca huruf braille, alat bantu berhitung, dan alat bantu audio seperti tape recorder. Itulah keunikan pembelajaran dari SLB A mulai dari metode pembelajaran sampai pada media pembelajaran yang digunakan.

No comments:

Post a Comment