Thursday, October 2, 2014

Tips Ampuh Hilangkan Karakter Malas

Ahmad Ghilman
1102413066

              Malas adalah penyakit yang menyerang setiap orang. Malas merupakan penghambat produktivitas. Rasa malas ditandai dengan kita merasa “sungkan” atau tidak mau mengerjakan sesuatu yang seharusnya kita kerjakan. Misalnya kita malas mengerjakan tugas dari dosen, atau kita malas berangkat kuliah.
              Orang yang memiliki karakter malas biasanya memiliki tingkat produktivitas yang rendah. Dia malas untuk mengerjakan sesuatu yang berguna. Ia lebih suka melakukan hal yang hanya disenangi, seperti tidur, nonton tv, main game atau kongkow-kongkow. Karakter ini jika terus dipelihara akan semakin susah menghilangkannya. Lalu bagaimana cara menghilangkan karakter malas itu?
Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan karakter malas.
1. Cintai apa yang kamu kerjakan
             Mungkin selama ini kamu selalu melakukan apa yang kamu cintai. Mulailah membaliknya dengan mencintai apa yang kamu kerjakan. Temukan sisi yang sexy atau menarik dari hal yang kamu lakukan. Contohnya dengan kuliah kamu bisa bertemu teman yang banyak. Atau dengan mengerjakan tugas dosen, kamu mungkin bisa belajar menulis.
2. Olahraga
            Jika kamu merasa kekurangan energi hari ini, mungkin kamu kurang olahraga. Cobalah untuk berolahraga di pagi hari untuk mengecas energi, agar kamu semangat sepanjang hari.
3. Memberikan hadiah untuk diri sendiri
            Memberikan hadiah atas usaha yang telah kita lakukan akan memacu semangat kita untuk segera menyelesaikan tugas kita. Mulailah dengan memberikan hadiah-hadiah sederhana. Contohnya, jika aku bisa menyelesaikan tugas dosen malam ini, aku akan makan sate.
4. Pikirkan apa yang akan terjadi jika tidak melakukannya

            Pikirkan efek buruk jika kamu  tidak segera menyelesaikan tugas. Semakin luma tugas ditunda, pasti akan semakin menumpuk masalah  yang ada. Lebih baik susah sekarang, daripada susah di kemudian hari, kan?
5. Cari teman
           Teman atau partner sangat dibutuhkan. Carilah teman yang mengerti keadaanmu dan dapat memotivasimu. Mau tidak mau, kita tetap butuh motivasi dari luar.
6. Melihat kemajuan orang lain
           Lihatlah orang-orang hebat yang telah mendahului kamu, sedangkan kamu masih berdiam dirii di belakangnya. Orang mencapai kesuksesan tidak mungkin dengan cara instan, butuh pengorbanan dan usaha yang keras.
7. Berdoa
          Jangan lupa iringi setiap usaha yang kita lakukan dengan berdoa. Berdoalah untuk meminta kemudahan dan kemampuan untuk mengatasi rintangan yang ada.
Itulah beberapa tips singkat menghilangkan karakter malas dalam diri kita. Tentu tidak akan berguna jika tidak kita lakukan. Ayo segera kalahkan rasa malasmu! 

No comments:

Post a Comment