Thursday, October 23, 2014

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Suerlin Diah Utami

Sekolah Mengengah kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah yang bertujuan mempersiapkan lulusannya bisa langsung bekerja. Hal ini sesuai dengan isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menjelaskan tentang pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu.
Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang menghubungkan, menjodohkan, melatih manusia agar memiliki kebiasaan bekerja untuk dapat memasuki dan berkembang pada dunia kerja (industri) sehingga dapat dipergunakan untuk memperbaiki kehidupannya. Pendidikan kejuruan merupakan bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan lulusannya memiliki bekal yang cukup guna bekerja di perusahaan serta menguasai satu bidang pekerjaan dari sekian banyak bidang pekerjaan lainnya. Karena saat ini masih menimba ilmu di SMK, lulusannya mendalami setiap bidang studi atau pendidikan kejuruan yang mengarah siap pakai ketika memasuki dunia kerja. Dalam proses pendidikan kejuruan perlu ditanamkan pada siswa pentingnya penguasaan pengetahuan dan teknologi, keterampilan bekerja, sikap mandiri, efektif, dan efisien serta pentingnya keinginan sukses dalam karirnya sepanjang hayat.
Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, tentunya akan membuat orangtua berfikir tujuh keliling bagaimana cara mengakalinya. Dengan memilih SMK, maka orang tua sudah bertindak dengan benar dan tujuan anaknya akan mudah mencari pekerjaan sungguh tepat sasaran. Bagi perusahaan yang hendak membuka lowongan kerja bagi siswa SMK di Indonesia, dapat menyesuaikan juruan yang dikehendaki dengan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan, dengan kemampuan yang sudah dipelajari dibangku sekolah ditambah pengalaman kerja lapangan maka para siswa ini sudah siap kerja ketika lulus atau bahkan sebelum lulus sekolah sudah ditawari oleh perusahaan untuk bekerja sambil menyelesaikan sekolah kejuruannya di Indonesia.

Ada 5 alasan siswa dalam memilih Sekolah Menengah Kejuruan :
1.    Setiap siswa akan diberi bekal tentang ilmu pengetahuan khusus yang disesuaikan dengan minat serta kemampuan masing-masing siswa.
2.    Siswa akan didorong untuk memiliki bakat berwirausaha (memiliki jiwa enterpreneurship) yang nantinya setiap siswa SMK terbiasa memiliki etika serta etos kerja yang tinggi.
3.    Siswa SMK senantiasa dibekali landasan (basic) berupa pelatihan kerja yang disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
4.    Siswa akan diajarkan agar sanggup menentukan pilihan bidang keterampilan dan keahlian yang harus dikembangkan.
5.    Lulusan SMK cepat memperoleh pekerjaan, karena banyak perusahaan yang menginginkan fresh graduate seperti lulusan SMK.


No comments:

Post a Comment