Tuesday, October 7, 2014

Apa Sudah Sadar ?

Anwar Sandhi A. A.

Pendidikan merupakan proses transfer ilmu yang diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung, pendidikan merupakan suatu hal yang dapat dikatakan hak bagi setiap orang. Pendidikan didunia semakin berkembang dengan pesat didkarenakan tingkat globalisasi yang semakin berkembang. Sarana dan prasarana yang mendukung membuat kemajuan pendidikan akan semakin maju.
Bukan bermaksud membandingkan antara negara Indonesia dengan negara lain. karena katau kita membandingkan “kita” (Indonesia) dengan standar “mereka” (negara lain) kita akan selalu kalah jauh karena “kita” bukan “mereka”. Tapi setidaknya kita dapat belajar dari negara lian tentang menjalankan pendidikan di negara-negara yang dapat dikatakan menjadi kiblat pendidikan.
Menilik sarana dan pra sarana di Indonesia masih sangat kurang mendukung akan jalannya pendidikan  hal semacam ini masih sering ditemui bi Indonesia masih sering ditemui.
Pemerintah mungkin sudah mengupayakan banyak hal untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia bai menggelontorkan dana pendidikan, membuat program atau hal semacamnya. Tetepi hal yang harus diklarifikasi adalah sudah efektif dan tepatkah hal yang dilakukan pemerintah tersebut. Pasalnya banyak anggaran pendidikan yang tidak tepat sasaran, hal tersebut mungkin dapat dimaklumi karena luasnya wilayah Indonesia. Tetapi apakah hal tersebut masih dianggap maklum kalau terjadi terus menerus? Kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh terus terusan juga menyalahkan pemerintah tetapi juga kita sebagai individu apakah sudah berbuat baik atau hal semacamnya untuk negara Indonesia khususnya pendidikan? Percuma saja kan kalau pemerintah sudah mengupayakan banyak hal tetapi rakyatnya tidak mendukung atau memberikan apresiasi akan upaya tersebut, hal itu hanya akan menjadi omong kosong saja.
Sebenarnya masih banyak yang peduli akan pendidikan di Indonesia, contohnya guru guru di pelosok yang mengabdikan diri mereka untuk memajukan pendidikan di wilayah mereka tinggal meskipun mereka digaji kecil atau mungkin bahkan tidak digaji sama sekali. Mereka mengabdi bukan karena uang akan tetapi mereka mengabdi karena kecintaannya kepada Indonesia dengan mendidik dengan menggunakan hatti tanpa mementingkan apa yang mereka terima atau dapat. “jika ilmu pengetahuan tidak dikaitkan dengan sesuatu hal yang berbau ekonomi atau semacammya maka hal tersebut akan menjadi hal yang sangat luar biasa, dan setiap orang akan memiliki kesempatan dan pasti bisa merubah untuk merubah dunia”

No comments:

Post a Comment