Thursday, October 30, 2014

Pendidikan itu Untuk Setiap Orang

Anwar Shandi
1102413064

Pembangunan sumberdaya manusia yang baik akan mencetak anak anak bangsa yang dapat mengabdi untuk negara dan memiliki kualitas yang dapat bersaing dikancah internasional. Sebenarnya anak bangsa memiliki potensi yang luar biasa hanya saja belum terekspose dan masih banyak yang belum bisa merasakan bangku pendidikan, dalam arti bersekolah. Masih banyak anak anak yang ingin bersekolah tetapi mereka bulum bisa melakukannya dikarenakan banayk faktor tetapi yang paling sering dijumpai yaitu mereka tidak mempunyai biaya untuk bersekolah.
                             https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7Bl7YiAiM-fPTEW6FHN4K555br_uVh1N1yBhk3rMPffmvQAjBPtSyZDSb3STvcAI_Yiv4Ll_4gpTX3_VvWDkjUnCzv3JevNixgUZwkgJKxKXBdG5qSoMIJbP1CNt_cHvIts2eXIMzy2F0/s1600/anak_jalanan_100530203226.jpg
Banyak anak yang belum bisa bersekolah, mereka mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Dan anak tersebut umumnya memilih dekerja untuk membanto orang tuanya. Mereka bekerja apa saja semampu mereka, seperti berjualan Koran, mengamen dan sebagainya. Contoh nyata dari hal tersebut adalah anak jalanan, jika anak anak tersebut mendapat kesempatan pendidikan bukan tidak mungkin mereka nantinya akan menjadi orang besar. Bayangkan saja jika obat HIV yang belum ditemukan sebenarnya ada di otak anak anak yang tidak bersekolah tersebut, dan obat HIV tersebut tidak dapat terekspose karena mereka tidak mendapat pendidikan.
Pemerintah seharusnya memperhatikan hal tersebut, karena sebenarnya masih banyak anak yang belum busa berseolah, pemerintah harus berperan aktif melaksanakan pendidikan yang adil dal meratra karena pendidikan bukan hanya untuk orang orang yang berduit. Dan badan badan penyelenggaraan pendidikan juga harus ingat kalau kodratnya pelaksanaan pendidikan itu dukan untuk mencari untung atau hal hal yang berbau financial, tetapi pendidikan adalah proses yang bertujuan untuk mencerdaskan orang, merubah orang yang belum tau menjadi tau.
Program program bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah seperti BOS dan bantuan bantuan yang lainnya masih perlu mendapatkan perhatian, apakah program program tersebut berfungsi dengan optimal  dan apakah sudah tepat sasaran. Untuk mewujudkdn pendidikan yang berkualitas harus ada komitmen dan kesngguhan bahwa endidikan adalah hal dasar yang membangun suatu bangsa. Oleleh sebab itu pendidikan harus dilakukan sebaik mungkin dan harus memperhatikan hal hal yang spesifik mengenai kesempatan belajar untuk setiap orang yang tidak memandang status apapun.

No comments:

Post a Comment