Saturday, October 4, 2014

SMA Negeri VS SMA Swasta

Yossika Vidya Mayrizki
1102413062

Sekolah menengah atas ( SMA ) adalah salah satu pilihan jenjang pendidikan formal yang akan ditempuh oleh siswa setelah selesai menempuh pendidikan di tingkat SMP. Selain SMA ada juga jenjang pendidikan lain yang masih setara tingkatanya yaitu SMK, MAK, MA, MAN dll. Diantara berbagai lembaga formal tersebut tentunya ada yang berstatus negeri dan swasta. Sebenarnya apa sih perbedaan SMA negeri dan SMA swasta itu sendiri? Seperti yang kita tahu setiap orangtua yang memiliki anak yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikanya di tingkat SMP, tentunya ingin melihat anaknya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Disamping itu mereka pasti ingin anak mereka mendapatkan pendidikan yang baik di sekolah yang mereka anggap baik pula. Untuk itu seringkali para orangtua bingung ketika dihadapkan pada sekolah yang berstatus Negeri atau  Swasta. Apa sih tanggapan mereka terhadap status sekolah ?

Dewasa ini banyak orang tua yang masih menganggap bahwa sekolah Negeri itu lebih baik daripada sekolah swasta, tapi pada kenyataanya tidak selalu seperti itu. Bisa kita lihat sekarang ini banyak sekali sekolah sekolah swasta yang jauh lebih baik dari pada sekolah negeri. Banyak yang beranggapan bahwa masuk kedalam sekolah swasta memerlukan biaya yang tidak sedikit, karena sekolah tersebut dikelola oleh perseorangan atau milik sebuah yayasan sehingga sebagian besar pemasukan yang diperoleh lebih di titik beratkan kepada orang tua siswa dalam bentuk sumbangan, uang gedung dan sejenisnya. Hal hal diatas yang dijadikan alasan bagi sebagian orang tua siswa lebih memilih menyekolahkan anaknya di sekolah negeri, karena dianggap lebih praktis, tidak banyak persyaratan dan biayanya terjangkau  karena diperolehnya anggaran yang cukup besar dari pemerintah.
Selain hal tersebut diatas, banyak juga anggapan lain mengenai sekolah negeri dan swasta. Ada yang berasumsi bahwa sekolah negeri adalah sekolah favorit, karena kebanyakan siswa yang bersekolah disana sebagian besar memiliki kemampuan atau kepandaian yang cukup tinggi, kemudian peraturan yang berlaku disekolah negeri juga dianggap lebih ketat, sehingga siswa siswanya memiliki kepribadian lebih baik, disiplin, berpenampilan sopan dan rapi. Namun jika kita lihat fakta dilapangan tidak sedikit sekolah swasta yang dianggap favorit, bahkan sekolah swasta kini dikenal sebagai sekolah elit karena di dominasi oleh anak orang kaya yang bersekolah disana. Selain itu fasilitas yang disediakan lebih mencukupi dan Siswa siswinya pun tidak kalah berprestasi.

By : Yossika Vidya Mayrizki

No comments:

Post a Comment