Thursday, October 30, 2014

E- Learning pembelajaran yang modern

Alimi

     Pembelajaran elektronik (e-learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan (Internet, LAN, WAN) sebagai metode penyampaian, interaksi, dan fasilitasi serta didukung oleh berbagai bentuk layanan belajar lainnya (Brown, 2000; Feasey, 2001). Sudah barang tentu metode pembelajaran ini memiliki efek besar terhadap pendidikan karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Semisal seorang mahasiswa tidak perlu lagi mencari buku referensi dari perpustakaan yang menyita waktu, mahasiswa bisa langsung mengakses sumber referensi mereka lewat E-learning yang cepat dan mudah.

  Beberapa manfaat pembelajaran elektronik menurut Bates (1995) dan Wulf (1996) terdiri atas 4 hal, yaitu:
(1) Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau     instruktur (enhance interactivity).
(2) Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
(3) Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).
(4) Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
Kemudahan yang ditawarkan merupakan kelebihan tersendiri bagi E-learning, ditengah-tengah menurunya minat masyarakat terhadap rutinitas mencari atau bahkan membaca buku. Dengan belajar yang berbasis elektronik ada suatu inovasi dan daya tarik bagi setiap pelajar maupun khalayak umum. Kecenderungan untuk mengembangkan e-learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan semakin meningkat sejalan dengan perkembangan di bidang teknologi komunikasi dan informasi. Infrastruktur di bidang telekomunikasi yang menunjang penyelenggaraan e-learning tidak lagi hanya menjadi monopoli kota-kota besar, tetapi secara bertahap sudah mulai dapat dinikmati oleh mereka yang berada di kota-kota di tingkat kabupaten. Artinya, masyarakat yang berada di kabupaten telah dapat menggunakan fasilitas internet.

 Konsep keberhasilan program e-learning selain ditunjang oleh perangkat teknologi informasi, juga oleh perencanaan, administrasi, manajemen dan ekonomi yang memadai. Aspek-aspek tersebut berperan penting dalam proses pembelajaran melalui e-learning, sehingga harus ada kerjasama semua pihak dalam meningkatkan kualitaik dan pendidikan yang melalui sistem yang lebih baik, lebih menarik dan juga lebih interaktif agar kedepannya sudah bukan lagi menjadi hal yang tabu atau awam bagi masyarakat terutama yang berada di pedesaan. Belajar bisa melalui cara apapun dan minat seseorang dalam belajar adalah penentu bagi mereka untuk meraih apa yang menjadi tujuan pendidikan itu sendiri.

No comments:

Post a Comment