Friday, October 3, 2014

Pentingnya Kursus Komputer

Nani Maryani

        Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai kursus dalam pendidikan formal secara umum. Kali ini, saya akan mengulas salah satu kursus yang paling banyak diminati. Apakah itu? Ya, komputer. Pada era canggih seperti sekarang ini, kita semakin dituntut untuk menguasai yang namanya teknologi. Kehidupan kita tidak pernah lepas dari teknologi, mulai dari kebutuhan sehari-hari, sekolah, maupun urusan pekerjaan. Tanpa adannya teknologi, bisa dipastikan kita akan kekurangan informasi, terutama informasi dari luar negeri. Dalam hal ini, kursus komputer menjadi salah satu bentuk teknologi yang penggunaannya sangat dibutuhkan dibanyak bidang. Jadi sudah pasti peminat penguasaan komputer sangat banyak.
        Mengapa kursus komputer banyak yang meminati?. Selain karena banyaknya manfaat dalam kehidupan kita, juga karena minimnya tenaga IT di Indonesia. Sebuah fakta menyebutkan bahwa Indonesia masih membutuhkan kurang lebih 100-an ribu tenaga IT lulusan dari program studi di bidang komputer. Jadi tidak heran jika pada tahun 2014 ini, program studi komputer menjadi urutan ketiga teratas berdasarkan banyaknya peminat. Kursus komputer menjadi salah satu alternatif bagi kita yang tidak bisa atau belum berkesempatan menempuh pendidikan dibidang komputer untuk berusaha sama-sama memiliki ilmu dan keahlian dibidang komputer. Apalagi saat ini sudah banyak penyedia kursus komputer dalam bentuk online. Jadi jika kita tidak mempunyai waktu luang untuk keluar rumah selain bekerja atau sekolah, kursus komputer online menjadi solusi pilihan yang tepat untuk kita.
       Lalu apa keuntungan mengikuti kursus komputer? Tentu banyak. Tidak sedikit perusahaan bahkan hampir semuanya memerlukan tenaga ahli dalam bidang komputer. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Indonesia masih sangat kekurangan tenaga ahli bidang komputer, sedangkan tidak ada perusahaan yang bisa lepas dari penggunaan IT. Mulai dari membangun jaringan, membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan tersebut sampai kepada pemeliharaannya. Peluang tersebut harus kita ambil juga, salah satu caranya dengan mengikuti kursus komputer. Karena pendidikan non formal pun tidak kalah penting dan hebat dengan pendidikan formal. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa bersaing dengan lulusan IT. 

1 comment: