Thursday, October 9, 2014

Perlu Keteladanan dalam Pendidikan Karakter

Ilham Oktavian

             Masalah pendidikan karakter di Indonesia saat ini sangatlah kompleks, salah satunya kita kehilangan keteladanan dari para pemimpin bangsa. Dahulu kita pernah menjadi bangsa yang besar,di era Keraajaan Majapahit kita mempunyai armada laut yang kuat. Bahkan luas wilayah kita sampai Filipina.di era itu kita mempunyai keteladanan dari seorang perdana mentri yang amat tangguh, kita punya Gajah Mada, sifat keteladanan yang dicontohkan oleh Gajah Mada sangatlah pantas kita tiru. Gajah Mada mempunyai sifat yang ulet, tekun dan juga pekerja keras. Gajah Mada mengajarkan kita untuk tidak menjadi bangsa tempe. Gajah Mada bekerja keras agar cita cita luhurnya untuk menyatukan Nusantara tercapai dan terkenal dengan sumpah palapanya.
             Generasi berikutnya kita mengenal sosok pemimpin yang amat disegani di dunia, kita pernah mempunyai pemimpin sekaliber Bung Karno. Benar, Bung Karno adalah pemimpin yang sangat berkarakter, sifat teladan yang dapat kita contoh dari Bung Karno salah satunya adalah tidak putus asa, dahulu Bung Karno menghadapi penjajah namun seorang Bung Karno tidak pernah gentar menghadapinya. Bung Karno pernah diasingkan beberapa kali namun ia tak pernah putus asa untuk terus berusaha melawan penjajah. bersama para pahlawan lainya Bung Karno membuat para pejuang kala itu tak pernah merasa gentar menghadapi penjajah. Pidato khas Bung Karno juga mampu membakar semangat perjuangan. Pidato Bung Karno bukan komunikasi dari mulut kemulut, melainkan dari hati ke hati bahkan dari darah ke darah. Bung Karno berpidato berapi-api karena sejak kecil ia mempunyai sifat yang tidak putus asa dan selalu bekerja keras. itulah keteladanan yang dulu pernah dicontoh oleh para pejuang kemerdekaan.
             Masalahhnya sekarang kita tidak punya pemimpin yang mempunyai keteladanan yang baik. Sekarang ini kita cenderung mempunyai pimpinan, bukan pemimpin. Kita mempunyai orang yang hanya mau disuruh suruh dan taat pada kepentingan tertentu, jika kita mmpunyai pemimpin yang tugasnya memimpin seperti Gajah Madah dan Bung Karno bukan tak mungkin kejayaan masa lalu akan tercapai. 
itulah sedikit pandangan saya tentang sebuah keteladanan yang diperlukan pada suatu bangsa, karna sebuah Keteladanan itu dari atas kebawah bukan bawah keatas.

No comments:

Post a Comment