Thursday, October 9, 2014

Pendidikan Karakter Melalui Matematika

Ilham Oktavian

               Matematika, mungkin sebagian besar dari kalian mengganggap matematika adalah ilmu yang rumit dan kadang dibenci oleh sebagian besar siswa, tapi bagiku matematika adalah ilmu yang mengajarkan kita mempunyai karakter yang kuat, masalahnya Matematika diajarkan secara salah, Matematika diajarkan melalui itung itungan. Padahal Matematika bukan hanya itung itungan, Matematika adalah imajinasi kita. Tak ada pelajaran lebih baik yang mengajarkan tentang imajinasi kecuali Matematika. Padahal jika matematika dengan bahasa mungkin Indonesia tidak seperti saat ini yang tertinggal dari bangsa lain.                        
              Matematika membuat kita lebih imajinatif dalam berfikir. Dalam matematika dulu kita hanya mengenal dimensi ada 3 yaitu x,y,z. tapi sekarang kita mengenal dimensi-n, adanya dimensi-n itu akibat dari imajinasi para matematika yang mengutak -atik ketiga dimensi itu lalu diturunkan hingga menjadi dimensi-n. Itulah matematika yang membuat kita menjadi imajinatif. Matematika bukan ilmu pasti, jadi matematika itu sebenarnya bukanlah ilmu pasti tapi matematika adalah ilmu kesepakatan. contohnya 1+1 itu hasilnya 2 jika dalam bilangan persepuluhan, tapi jika dalam bilangan biner 1+1 bukan 2. Jika matematika diajarkan secara benar akan membuat kita lebih berkarakter. Kesepakatan di Indonesia sangatlah amburadul, contohnyadalam UUD 1945 pasal 33 jelas disebutkan bahwa bumi dan segala yang terkandung dalam tanah Indonesia menjadi milik Indonesia, tapi mengapa Minyak Epson di Blora kita hanya mendapat kurang dari 10%, itulah sebabnya jika matematika diajarkan secara itung itungan.
             Matematika juga bisa membuat kita pandai menulis sajak, karna dalam matematika ada ribuan persamaaan, salah satunya adalah a+b=c, jika diuraikan a ternyata d + f berarti d + f + b = c, lalu c diuraikan. Semua uraian itu akan membuat kita mempunyai kata kata yang indah dalam menyusun puisi.  dan dibolak balik akan membuat otak kita lebih variatif dalam membuat puisi, padahal jika kita pahami inti dari ribuan persamaan itu adalah (e=mc2). 
Itulah sedikit pembahasan tentang karakter yang dapat kita ambil dari ilmu Matematika, bahwa Matematika dapat membuat kita lebih imajinatif dan konsisten dalam berfikir.


No comments:

Post a Comment