Friday, October 3, 2014

Macam Pendidikan Non-Formal

Tri Lestari

Lanjutan dari kemarin tentang macam-macam pendidikan non formal kali ini kita akan membahas tentang pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan.
 Pendidikan anak usia dini yaitu upaya pembinaan kepada ank usia dini mulai dari umur 0 sampai umur 6 tahun yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak .Pendidikan anak usia  dini mengapa masuk dalam pendidikan nonformal? Jawabannnya adalah pendidikan anak usia dini disini ada yang berbentuk pendidikan formal ada yang berbentuk pendidikan nonformal ada pula yang bernentuk pendidikan informal.
Dalam pasal Pasal 28 tentang Pendidikan Anak Usia Dini dinyatakan bahwa :
1. PAUD diselenggarakan sebelum jenjang Pendidikan Dasar
2. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal dan/atau
informal
3. PAUD jalur pendidikan formal: TK, RA atau bentuk lain yang sederajat
4. PAUD jalur pend non formal: KB, TPA, atau bentuk lain yang sederajat
5. PAUD jalur pend informal: pendidikan keluarga atau pendidikan yang
diselenggarakan oleh lingkungan.
            Pendidikan anak usia dini jangan diremehkan karena usia dini adalh usia emas, dimana dalam usia itu si anak akan mudah terbentuk menjadi seperti apakah mereka, mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh si anak, agar anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kelompok bermain adalah pendidikan yang diselenggarakan untuk anak dibawah lima tahun, dan bertujuan untuk mengembangkan saraf motorik anak, kemempuan sosial serta kemapuan intelengensi. Dalam kelompok belajar atu play group ada 2 kegiatan yaitu kegiatan rutin dan kegiatan spontan , seperti bermain, makan, tidur dan pulang.

Pendidikan kesetaraan

Undang-undang No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan non formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penenkanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional, contohnya yaitu pendidikan kesetaraan .Pendidikan kesetaraan disini yaitu pendidikan yang diadakan untuk memnyetakan status lulusan seperti pendidikan formal. Banyak lembaga yang menyediakan pendidika  kesetraan. Contohnya kejar paket A untuk menyetarkan sekolah dasar, kejar paket B untuk menyetarakan sekolah menengah pertama dan kejar paket C untuk menyetarakan sekolah menengah atas. 

No comments:

Post a Comment