Thursday, October 30, 2014

Sekolah atau Penjara

Rimbi Wijanti
1102413053

Balik lagi ke tema setiap hari, minggu dan bulannya yaitu Sistem Pendidikan. Oke, untuk artikel ini saya ingin membahas hal yang mungkin kaitannya dengan system pendidikan   dikit banget atau mungkin malah nggak nyambung sama sekali. Artikel sekarang judulnya ”Sekolah apa Penjara” , untuk artikel yang satu ini bisa dibilang saya curhat tentang pergulatan saya di dunia pendidikan dari TK ampe mahasiswa sekarang ini. Penjara?? Otomatis artikel ini bakal bahas apa aja yang bikin males tingkat dewa pas lagi di sekolah.
Pernah ngrasa gak sih kalo berangkat sekolah itu hal yang malesin, ampe buat bangun aja males. Semuanya serba dimolorin mulai dari bangun, mandi, pake sepatu, sarapan ama pas perjalanan sekolah. Kenapa kita males malesan kalo berangkat sekolah? Kalo menurut saya sih karena sekolah belum bisa menjadi tempat yang nyaman bagi semua penghuninya, terkhusus siswa- siswanya. KAum siswa seperti saya masih mengganggap sekolah itu tempat yang kolot. Semuanya diatur, tempat yang buat gerak aja susah apalagi buat ngembangin diri.
Belum lagi kalo ketemu guru killer, udah tugasnya seabrek kalo kita ngerjainnya salah beliau marah marah gak ketulungan. Ujian yang bertubi tubi bikin otak serasa meledak dan hal menyebalkan lainnya. Baru aja pengen enjoy ama ekskul  eh tugas ama ulangan harian udah didepan mata melambai ceria. Ngenes emang. Malahan ada beberapa sekolah yang akademis banget jadi hal hal kecil seperti ekskul di sekolakh itu gak diprioritasin sama seklai bahkan bisa dibilang dipandang sebelah mata.
Padahal ekskul itu salah satu cara ampuh buat ngilangin kejenuhan atas rutinitas sekolah yang gak abis abis. Bayangin aja betapa menderitanya anak kelas 3 SMA. Yang pulang sekolah aja udah jam 1 terus dilanjut les ampe jam 5 sore. Belum lagi bobot tas yang kalo diitung bisa kali nyampe 5 kilo, OMG itu kuli panggul apa anak sekolahan? Tepok jidat deh.
Banyaknya peraturan nih yang bikin ogah ogahan masuk kelas, bukannya nurut ama peraturan sekolah kebanyakan murid justru lebih seneng dan greget kalo ngelanggar itu peraturan. Mugkin dapet prestise yang tinggi kali ya. Sebenernya saya juga tau si kalo peraturan dibuat biar kita disiplin ama kondusif buat belajar. Tapi kadang peraturan- peraturan itu justru membatasi kreativitas murid murid. Mungkin peraturan harus tetap ada tapi mungkin porsinya gak kebanyakan kayak sekarang dan yang pastinya kalo bikin peraturan yang sewajarnya saja. Kita sebagai siswa enjoy belajar dan para guru dan aparat sekolah juga kondusif dalam mengajar.


No comments:

Post a Comment