Thursday, October 30, 2014

Pentingkah Ijazah?

Suerlin Diah Utami

 Dewasa ini banyak berjuta-juta orang sekolah bukan untuk mendapatkan ilmunya melainkan untuk mendapatkan selembar ijazah, sehingga mungkin bisa dikatakan ilmu itu hanyalah bonus yang didapat dari proses pendidikan dengan tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan selembar ijazah. Sebenarnya apa sih ijazah itu? Sampai-sampai banyak orang yang rela melakukan berbagai cara hanya untuk mendapatkan selembar ijazah. Menurut anda manakah yang lebih penting antara ilmu atau ijazah? Tentunya jawaban ada di pikiran anda masing-masing. 
Menurut saya, ijazah memang penting, ilmu juga demikian. Tergantung pada masing-masing individu. Ijazah adalah satu tiket untuk melangkah ke dunia kerja dan selebihnya tergantung kepada kemampuan kita. Namun bila ijazah tanpa pengalaman apa gunanya? Pengalaman disini adalah skill untuk menjembatani ke dunia kerja. Skill (keterampilan) sangatlah dibutuhkan dari pada selembar ijazah. Orang tanpa ijazah pun bisa bekerja jika memiliki skill. Skill yang dimaksud tidak hanya satu bidang saja namun dari bidang yang lain. Bagi sebagian orang ijazah sangatlah penting, tetapi untuk wirausaha ijazah tidak begitu penting karena hanya keterampilan, kreativitas, dan peluang yang dibutuhkan. Namun para wirausahawan masih membutuhkan ijazah karena tidak hanya di prakteknya saja namun dia juga membutuhkan teori. Tentunya sebelum adanya praktek pasti membutuhkan teori untuk dapat lebih memfokuskan pada pekerjaanya. Dengan adanya ijazah merupakan bukti kita telah melewati jenjang pendidikan. Ketika kita sekolah tentunya banyak sesuatu yang kita pelajari mulai dari mata pelajaran matematika sehingga kita bisa berhitung, mata pelajaran bahasa Indonesia sehingga kita bisa berkomunikasi secara baik dengan orang disekitarnya, kita bisa mengenal berbagai tumbuhan dengan mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kita juga bisa tahu lingkungan di masyarakat dengan mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan juga kita di ajarkan keterampilan yang melahirkan kreatifitas kita. Semua itu tentunya kita peroleh dari sekolah yang sudah memberikan ilmu dan keterampilan yang belum mengerti sebelumnya. 
 Setelah kita melewati semua itu, kita akan mendapatkan selembar kertas berupa ijazah Ijazah sangatlah penting karena dengan adanya sebagai tanda bukti bahwa kita telah lulus dengan baik dan mampu mengikuti pelajaran di sekolah. Jadi kesimpulannya ijazah sangatlah penting jika dibarengi dengan kemampuan yang dimiliki dalam diri kita.

No comments:

Post a Comment